MULAWARMAN NEWS

Mulai 1 Maret 2020, Pemohon SIM Wajib Lulus Tes Psikologi

Kasat Lantas Polres Paser AKP Donny Dwija Romansa

MNEWSKALTIM.COM, TANA PASER – Pemohon pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satuan Lalulintas Polres Paser, selain harus melalui tes kesehatan juga harus lulus tes psikologi atau tes kejiwaan.

Pemberlakuan tambahan persyaratan tersebut mulai berlaku awal bulan Maret 2020 mengacu ST Kapolda Kaltim No ST/175/II/YAN.1.1/2020/Ditlantas tentang Pemberlakuan Tes Psikologi bagi Seluruh Golongan SIM baru dan SIM perpanjangan.

“Bersama jajaran Satlantas Polres se Kaltim mulai 1 Maret 2020 mendatang akan diberlakukan persyaratan lolos psikologi bagi para pemohon SIM,” kata Kasat Lantas Polres Paser AKP Donny Dwija Romansa di Tanah Grogot, Sabtu (22/2/2020).

Menurut Donny, tambahan tes psikologi bagi pemohon SIM adalah hal baru, namun demikian aturan itu telah tertuang dalam peraturan Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) pasal 81 ayat 4.

“Tes psikologi bertujuan untuk mengetahui tingkat konsentrasi, kecermatan, dan pengendalian diri pengendara ketika berkendara di jalan raya,” ujarnya.

Mengenai kendala penerbitan surat keterangan psikologi, Pria berpangkat balok tiga di pundak ini memaparkan dalam pelaksanaan tes psikologi akan melibatkan lembaga psikologi profesional.

“Kami sudah telah menjalin kerjasama dengan lembaga konsultan psikologi untuk membuka kantor layanannya di daerah, tetapi untuk urusan teknis terkait tempat ataupun prosesnya kami serahkan ke mereka,” ucapnya.

Ditanya terkait biaya tes psikologi sebagai syarat pengurusan SIM, Donny menyerahkan sepenuhnya penentuan tarif kepada lembaga psikologi yang telah ditunjuk.

“Mengenai tarif itu kebijakan internal lembaga psikologi, jadi kami juga tidak bisa menentukan berapa besaran biayanya,” tuturnya.

Donny juga berharap, dengan diberlakukannya kebijakan tersebut mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Paser yang utamanya disebabkan karena faktor psikologis. (rhn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *