MULAWARMAN NEWS

Napi Rutan Tanah Grogot yang Kabur Berhasil Dibekuk

Sukardi saat ditangkap di Jalan Ahmad Yani Kecamatan Kuaro,Selasa (4/2/2020) / fb : Hamdani Sama Taka

MNEWSKALTIM.COM, TANA PASER – Selang sehari menghirup udara diluar jeruji besi, seorang narapidana (Napi) Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas IIB Tanah Grogot bernama Sukardi yang nekat melarikan diri, Senin (3/2/2020), akhirnya tertangkap pada Selasa (4/2/2020) siang.

Pelarian Sukardi terpidana kasus pencurian ini berhasil di bekuk tim Rutan Tanah Grogot bersama jajaran Polsek Kuaro di depan Terminal Kuaro Jalan Ahmad Yani Kecamatan Kuaro, Kabupaten Paser.

Kepala Rutan Kelas II B Tanah Grogot Dawa’i membenarkan penangkapan napi dengan masa tahanan 1 tahun 6 bulan tersebut di wilayah Kecamatan Kuaro.

“Benar napi atas nama Sukardi telah ditangkap siang ini di Kecamatan Kuaro,” kata Dawa’i saat dikonfirmasi MNEWSKALTIM.COM via telpon seluler, Selasa (4/2/2020) siang.

Dawa’i membeberkan, penangkapan tersebut berkat hasil koordinasi dan kerjasama pihak Rutan dengan kepolisian setempat. Pihak lapas pun kini masih melakukan penjemputan napi yang tercatat sebagai warga Long Ikis Kabupaten Paser tersebut.

“Napi tersebut telah diamankan di Kantor Polsek Kuaro, dan akan kami jemput untuk dikembalikan kedalam rutan,” ujarnya.

Dengan adanya kejadian tersebut, sebagai antisipasi, Dawa’i mengaku akan memperketat proses pemberian asimilasi kepada warga binaan.

“Kita akan lebih berhati-hati memilih warga binaan yang di asimilasi dan yang terpenting kami tidak akan jera membina mereka sehingga ketika mereka keluar bisa kerja dengan baik,” ucap Dawa’i.

Untuk diketahui, berdasarkan keterangan petugas dan napi di lapangan, pada Senin (3/2/2020) sekitar jam 11.00 wita, Sukardi yang sedang menjalani masa asimilasi ditugaskan untuk mengambil pupuk kandang yang lokasinya berada sekitar 60 meter agak keatas dari lokasi menanam dan petugas yang berjaga. Tetapi setelah 20 menit berlalu, Sukardi pun tidak kembali.

Dari informasi yang diterima, kemudian petugas mencoba melakukan pencarian disekitar perkebunan tetapi hasilnya nihil.

Sukardi pun tertangkap pada Selasa (4/2/2020) siang saat sedang melintas di wilayah Kecamatan Kuaro dengan mengendarai sepeda motor yang diduga kendaraan curian. (rhn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *