MULAWARMAN NEWS

Narapidana Rutan Tanah Grogot Dzikir bersama Sambut Muharram

Ratusan narapidana Rutan Tanah Grogot mengikuti istigosah dan dzikir bersama, Sabtu (30/9/2017)

M-News.id – Menandai peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah, ratusan narapidana Rumah Tahanan (Rutan) kelas II Tanah Grogot mengikuti istighasah dan dzikir bersama, Sabtu (30/9/2017).

“Doa dan dzikir ini dalam rangka 1 Muharram, dan alhamdulillah ini sekaligus kegiatan perdana menggunakan masjid yang telah dibangun secara swadaya ini,” kata Kepala Rutan Tanah Grogot Husni Thamrin pada M-News, Sabtu (30/9/2017).

Husni Thamrin juga mengajak kepada narapidana di momentum tahun baru Islam untuk bisa memperbaiki diri dari pernyataan buruk yang sudah dilakukan.

“Dengan 1 Muharram ini, merupakan momen untuk merenungi segala perbuatan yang sudah dilakukan, dan menginsropeksi diri untuk tidak melakukan perbuatan yang tidak baik. Kalau ada niat pasti dimudahkan jalannya,” kata Husni.

Rutan Tanah Grogot kata Husni akan terus melakukan pembinaan kepada para narapidana dan memerhatikan perubahan sikap selama berada di rutan itu.

“Perubahan sikap anda, tentunya perubahan sikap yang baik akan menjadi point dan catatan kami, sehingga menjadi pertimbangan untuk memberikan remisi, yang penting ada niat untuk berubah” kata Husni.

Dalam kegiatan tersebut Husni mengingatkan kepada narapidana tentang pentingnya niat ikhlas dan ikhtiar atau usaha dalam melakukan setiap kegiatan.Husni mencontohkan niat baik dimaksud seperti pembangunan masjid yang dilakukan secara swadaya.

“Bermodal dana sukarela, kami berniat membangun masjid. Didukung tenaga serta, pikiran, perlahan tapi pasti menyusul datang bantuan dari berbagai pihak baik swasta maupun pemerintah, akhirnya masjid ini pun terbangun meski belum sempurna,” terang Husni.

Dana pembangunan masjid selanjutnya pun kata Husni akan datang melalui CSR perusahaan dan bantuan dari pemerintah.

“Yang penting niat baik, Allah permudah niat dan jalan kita. Rencananya jika sudah selesai pembangunannya semuanya, nanti akan diresmikan Bupati,” kata Husni.

Husni berharap narapidana di rutan itu selalu berupaya mencoba merubah diri, dengan tidak mengulangi perbuatan di masa lalu.

“Semoga bisa berubah dan ada niat. Jadi nanti kalau sudah bebas, bisa bertemu keluarga, beradaptasi dengan masyarakat, dan diterima di lingkungan dengan baik,” kata Husni. (sas/rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *