MULAWARMAN NEWS

Nidya Listiyono: Segi Bisnis, Perusda Kaltim Belum Bisa Dikatakan Berhasil

M-NEWS.ID, SAMARINDA – Anggota Komisi II DPRD Kaltim Nidya Listiyona menilai, selama ini Perusda milik Pemprov Kaltim masih menjadi sorotan dan belum memberikan apa-apa.

Pasalnya, lanjut kader Partai Golongan Karya (Golkar) itu, banyak perusda yang belum memberikan hasil maksimal. Dan bahkan, pada periode sebelumnya telah dibentuk pansus tentang perusda.

“Dari segi bisnis belum bisa dikatakan berhasil, karena kalau bicara bisnis orientasinya profit (keuntungan), dan hal ini tidak boleh sampai terus menerus kita biarkan. Serta, harus dilakukan pembenahan baik manajemen, maupun strukturisasi di Perusda itu sendiri guna mengetahui isi dalamnya,” katanya.

Dikatakan, bahwa pihaknya akan segera berdiskusi dengan para pimpinan dan anggota Komisi II lainnya untuk membuat langkah-langkah apa yang mesti dilakukan.

“Untuk Perusda, berlangsung sebelum masa kami di dewan (2014-2019). Tentu tidak akan diteruskan, jika nantinya perusda tersebut tidak memiliki profit tebal buat apa dilanjutkan. Karena ini uang rakyat, sumber dananya dari APBD,” ucapnya.

Selain itu, Tyo-biasa disapa, akan meminta pada Ketua Komisi II untuk memanggil pihak-pihak terkait agar memberikan penjelasan laporan keuangan dengan menghadirkan akuntan publik

“Kalau perlu, kita hadirkan akuntan publik. Untuk melihat sisi keuangan dari perusda-perusda yang ada, masih sehat atau tidak, jika tidak ada masa depannya, untuk apa dipertahankan,” ujarnya.

Kedepan, Ia berharap, supaya perusda nantinya berisi orang-orang profesional dan bisa memberikan atau menambah keuntungan sebagai PAD bagi daerah Provinsi Kaltim. (dik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *