MULAWARMAN NEWS

Operasi Lilin 2018, 368 Personil Disiagakan

M-NEWS.ID, TANA PASER – Antisipasi gangguan keamanan selama perayaan Natal dan tahun baru, Kepolisian Resort (Polres) Paser menyiagakan sebanyak 368 personil.

Selain Polres Paser, juga didukung oleh sejumlah personil lainnya. Seperti, Kodim 0904/TNG, Brimob, Satpol PP, Sankom dan Dinas Perhubungan (Dishub) Paser.

Demikian yang disampaikan Kapolres Paser AKBP Roy Satya Putra SIK pada Apel Gabungan atau Gelar Pasukan Operasi Lilin 2018 di Halaman Polres Paser, Senin (24/12/2018).

“Untuk pengamanan perayaan Natal dan jelang tahun baru kali ini (2018), kami menyiapkan dan menyiagakan sebanyak 368 Polisi . Selain Polres, kami juga didukung oleh personil lainnya, baik TNI, Satpol PP, Dishub, Brimob dan Sankom,” ungkapnya.

Ditegaskan Kapolres, bahwa salah satu program Kepolisian Republik Indonesia (Polri) adalah meningkatkan keamanan saat perayaan hari-hari besar keagamaan.

“Perayaan Natal merupakan salah satu hari besar keagamaan di Indonesia, maka dari itu kepolisian memiliki tugas untuk memberikan keamanan kepada para umat yang memperingatinya,” ucapnya.

Disampaikan pula, bahwa seyogyanya pelaksanaan Operasi Lilin Mahakam 2018 dimulai 23 Desember hingga 1 Januari 2019. Namun, dikarenakan berbagai persiapan yang mesti dilakukan makanya Apel Gabungan baru dapat dilaksanakan.

“Karena berbagai persiapan yang mesti dilakukan, makanya untuk apel gabungan baru dapat dilaksanakan hari ini. Diantaranya, pembangunan pos keamanan dan pelayanan di sejumlah titik wilayah Kabupaten Paser,” ujarnya.

Diterangkan, bahwa sasaran Operasi Lilin Mahakam 2018 ialah lokasi perayaan, tempat berkumpul masyarakat dan 41 gereja yang berada di Kabupaten Paser.

“Di kabupaten Paser, sekurangnya terdapat 41 gereja. Nantinya, seluruh personil akan dibagi untuk melaksanakan pengamanan disetiap gereja dengan membawa perlengkapan keamanan berupa Metal detektor, dan perlengkapan lainnya,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolres memerintahkan kepada seluruh personil Polres Paser yang bertugas melakukan pengamanan di gereja-gereja, agar datang lebih awal sebelum pelaksanaan dimulai.

“Setiap personil kepolisian yang bertugas di gereja, saya harap datang satu jam lebih dulu dari para jamaah, guna mencari informasi terkait jamaah yang akan hadir di gereja dari Pastur ataupun petugas digereja. Kemudian, segera lakukan seterilisasi baik didalam ataupun diluar gereja,” tegas Kapolres AKBP Roy Satya Putra.

Akhir sambutannya, Kapolres berharap perayaan keagamaan Nasrani dan pelaksanaan kegiatan tutup tahun 2018 dapat berlangsung aman serta kondusif.

“Semoga saja, tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan bersama selama pelaksanaan Natal dan sambut Tahun baru 2019 di Kabupaten Paser,” pungkasnya. (aia/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *