MULAWARMAN NEWS

Panwaslu Paser Instruksikan Panwascam Bentuk PPL

Anggota Panwaslu Paser Aprianto Abdullah, SP

M-News.id – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Paser menginstruksikan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) agar segera membentuk Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur tahun 2018 di setiap kecamatan. Hal tersebut tertuang dalam Surat Instruksi Panwaslu Paser No: 115/K.Bawaslu.Prov.KI-05/PM.12/12/2017 tanggal 20 Desember 2017.

Ketua Panwaslu Paser Nur Khamid melalui Anggota Panwaslu Divisi Administrasi dan SDM Aprianto Abdullah, SP mengatakan proses seleksi PPL dilakukan untuk memaksimalkan tugas-tugas pengawasan dalam mengawal tahapan proses Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim.

“Kami sudah meminta Panwascam se Kabupaten Paser untuk memulai proses seleksi pada tanggal 23 Desember 2017,” kata Aprianto Abdullah,SP, Jum’at (22/12/2017).

Dia menambahkan, setiap Panwascam telah membentuk Kelompok Kerja (Pokja) yang akan menjalankan setiap proses seleksi PPL yang akan dibentuk disetiap kelurahan atau desa.

“Pokja dalam bekerja, harus memastikan proses seleksi tidak lepas dari tahapan yang telah disusun, dan setiap desa atau kelurahan akan dipilih satu orang untuk menjadi PPL,” tambahnya.

Dalam tahapan pembentukan PPL, lanjut Dia, Panwascam akan melakukan penjaringan calon dengan menerima berkas, kemudian meneliti administrasi pendaftaran para peserta seleksi.

“Terakhir, para peserta yang lolos seleksi administrasi, akan mengikuti tes wawancara sebelum penetepan calon terpilih,” katanya.

Perekrutan PPL tahun ini, menurut Apri akan dilakukan secara transparan dan objektif, sehingga masyarakat luas yang memenuhi syarat boleh mendaftar.

“Bagi masyarakat yang berminat menjadi PPL, maka bisa mencari informasi dengan mendatangi Kantor Panwascam di masing-masing kecamatan,” ujarnya.

Dia juga menegaskan, dalam proses seleksi PPL, Panwascam diminta untuk tetap berpedoman kepada peraturan perundang-undangan dan pedoman yang berlaku. (rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *