MULAWARMAN NEWS

Paser Kecipratan Rp 3,6 Miliar PISEW 2019, Bupati Harap Dongkrak Perekonomian Desa

MNEWSKALTIM.COM, TANA PASER – Pemerintah Kabupaten Paser pada tahun 2019 mendapatkan bantuan program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) sebesar Rp.3,6 Milyar untuk peningkatan ekonomi di 12 desa di 6 kecamatan.

Keenam kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Tanjung Harapan, Pasir Belengkong, Tanah Grogot, Kuaro, Long Ikis, dan Kecamatan Long Kali.

Dalam PISEW, setiap desa mendapatkan bantuan anggaran Rp 300 juta untuk pengelolaan pembangunan infrastruktur desa seperti peningkatan jalan, pembangunan pasar, jembatan dan dermaga.

Ini terungkap saat kunjungan Bupati Paser ke dermaga hasil Program PISEW di Desa Lori, Kecamatan Tanjung Harapan, Kamis (5/12/2019).

Menurut Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi, progam PISEW merupakan program peningkatan ekonomi wilayah di beberapa desa yang saling berkaitan.

Seperti pembangunan dermaga di Desa Lori, lanjutnya, kedepannya diharap dapat menjadi sentra pelabuhan ikan dan aktivitas ekonomi masyarakat.

“Karena tujuannya untuk meningkatkan ekonomi, maka harapannya perekonomian di desa lain terdekat Lori seperti Labuang Kallo dan Tanjung Aru juga ikut meningkat,” ujar Yusriansyah.

Dia berharap pada tahun 2020, infrastruktur dermaga di Desa Lori tersebut bisa segera dilengkapi dan ditingkatkan agar mampu menampung kapasitas kapal yang lebih besar.

“Sehingga kapal-kapal besar bisa bersandar di dermaga ini dan aktivitas nelayan di Desa Lori semakin ramai,” ucapnya.

Diketahui, pada tahun 2020 Pemkab Paser kembali mengusulkan ke Pemerintah Pusat agar 10 kecamatan di 40 desa di Paser bisa mendapatkan bantuan peningkatan ekonomi kewilayahan ini. (Sas/rhn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *