MULAWARMAN NEWS

Paser Minim Arsiparis dan Pustakawan, Usulan DKP Tunggu BKPP

Kepala DKP Paser Herawati

M-News.id – Upaya agar Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Kabupaten Paser memiliki pustakawan dan arsiparis belum mendapatkan lampu hijau dari Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Paser.

Kepala DKP Herawati mengatakan pihaknya sudah mengusulkan formasi pustakawan dan arsiparis sebagai salah satu syarat sebuah perpustakaan.

“Sudah selayaknya Kantor perpustakaan pemerintah memiliki pustakawan dan arsiparis, maka kami (DKP, red) beberapa waktu lalu sudah mengajukan formasi tersebut kepada BKPP tapi hingga saat ini belum ada informasi,” kata Herawati, Selasa (4/3/2017).

Pustakawan dan arsiparis ini, Herawati mengungkapkan, merupakan tenaga teknis perpustakaan yang memang spesialis di bidang kepustakaan.

Herawati menambahkan, sambil menunggu informasi BKPP, DKP Paser memaksimalkan SDM yang ada dengan melakukan bimbingan teknis atau bimtek ke pustakawan dan arsiparis pada DKP.

“Kita manfaatkan momentum kegiatan Bimtek dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kaltim beberapa waktu lalu guna memberikan pelatihan singkat serta pemahaman terkait teknis pengelolaan perpustakaan,” ujarnya

Setiap SKPD, Dia mengungkapkan, seharusnya memiliki perpustakaan dan juga harus memiliki pustakawan dan arsiparis.

“Sesuai edaran Gubernur Kaltim, setiap SKPD harus memiliki perpustakaan, dan idealnya memiliki satu pustakawan dan dua arsiparis,” ungkapnya.

Keadaan ini menjadi sulit, menurut Herawati, ini karena tidak ada satupun pegawai pustakawan dan arsiparis di Paser sehingga edaran tersebut sulit terealisasi.

“Jangankan untuk SKPD, perpustakaan milik pemerintah seperti DKP Paser pun belum memiliki pustakawan dan arsiparis,” imbuhnya. (rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *