MULAWARMAN NEWS

Paser Satu-satunya Daerah di Kaltim yang Berstatus PPKM Level 3

Vaksinasi Covid-19

MNEWSKALTIM.COM, TANA PASER – Kabupaten Paser menjadi satu-satunya daerah di Kalimantan Timur yang berada dalam kategori Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

Hal ini berdasarkan instruksi Kementrian Dalam Negeri Nomor 58 Tahun 2021 yang ditujukan kepada Gubernur dan Bupati/Walikota di enam wilayah.

Kepala Dinas Kesahatan (Dinkes) Kabupaten Paser I Dewa Made Sudarsana mengakui penyebab status Kabupaten Paser berada pada level 3 karena cakupan vaksinasi Covid-19 dosis pertama dibawah 50%.

“Cakupan vaksinasi dosis pertama kita perhari ini baru mencapai 48,66%. Perlu kerja keras bersama untuk mencapai 50%,”

Kadinkes PASER, I Dewa Made Sudarsana, Rabu, (10/11/2021)

Selain cakupan vaksinasi dosis pertama, lanjut Dewa, target vaksinasi bagi para lansia juga menjadi kriteria penetapan PPKM level 3 di Kabupaten Paser.

“Ada pula ketentuan pencapaian vaksinasi untuk lansia. Target itu juga masih dibawah 40%,” terangnya.

Dewa menambahkan, sebelumnya target vaksinasi untuk lansia hanya diberlakukan untuk wilayah Jawa dan Bali berdasarkan Irmendagri No 57 tahun 2021.

Dewa menyebut, selain kriteria cakupan vaksinasi, ada beberapa kriteria yang digunakan Kementerian Dalam Negeri dalam penetapan status PPKM.

Baca Juga :

Kriteria yang ditetapkan itu antara lain zona pengendalian Covid-19, dan jumlah kasus meninggal dunia akibat Covid-19.

“Berdasarkan zona, hanya kuaro yang berada di zona kuning. Sedangkan kecamatan lainnya di zona hijau. Untuk kasus kematian tidak ada. Hanya satu dirawat selama dua minggu ini,” jelasnya.

Dewa juga menegaskan pihaknya akan terus meningkatkan cakupan, mengingat pentingnya vaksinasi dalam percepatan penanganan Covid-19.

“Vaksinasi ini menjadi tolak ukur yang harus segera dicapai,” kata Dewa. (ms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *