MULAWARMAN NEWS

Peduli Alam dan Lingkungan, HMI Gelar Camping Intelektual di Tahura Petangis

Ketua HMI Cabang Paser Al Aziz Abdillah

(M-News.id) –  Puluhan anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kabupaten Paser dan Gerakan Lestari Alam Paser (G’LAP) mengikuti Camping Intelektual di areal Eks BHP Taman Hutan Rakyat (Tahura) Petangis, Kecamatan Batu Engau, selama 2 hari (11-12/3/2017)

Ketua HMI Cabang Paser Al Aziz Abdillah mengatakan kegiatan ini dilaksanakan guna lebih mempererat tali persaudaraan dan kecintaan terhadap lingkungan,

“Untuk lebih mempererat kebersamaan antar sesama kader, dan meningkatkan kecintaan serta kepedulian terhadap alam dan lingkungan. Hari ini) kami melaksanakan kegiatan kajian ilmiah dan diskusi selama dua hari di Tahura Petangis,” ungkap Aziz saat dikonfirmasi M-News.id, Sabtu (11/3/2017.

Selain kajian, lanjutnya, ada sejumlah kegiatan lainnya yang akan dilaksanakan para kader HMI Cabang Kabupaten Paser disana. Antara lain, Camping Bersama (Camber), Bersih-bersih lingkungan dan Penanaman Puluhan Bibit Pohon Buah di Areal eks BHP Tahura Petangis.

“Selain melakukan kajian dan diskusi di alam terbuka, kami juga akan melakukan operasi semut atau bersih-bersih lingkungan, dan penanaman 50 bibit pohon di areal Tahura. Guna menghargai alam sebagai salah satu ciptaan Allah SWT,” ucapnya.

Dikatakan, bahwa untuk menumbuhkan nilai intelektual dan kepemimpinan tidak selalu harus berada di dalam sebuah ruangan. Dengan proses memanusiakan manusia di alam terbuka, tentunya pikiran terasa lebih fresh.

“Kami berupaya untuk mengisi akhir pekan ini dengan kegiatan-kegiatan yang positif, sembari menikmati alam dan menghirup udara segar disana (Tahura). Lagipula, tempatnya mudah dijangkau,” ujarnya.

Dijelaskan, bahwa acara Camping Intelektual akan diikuti puluhan Kader HMI Cabang Kabupaten Paser. Mulai dari anggota dan pengurus komisariat hingga pengurus HMI Cabang Paser dan Pengurus Badko HMI Kaltim-Kaltara. Serta sejumlah anggota Korps Alumni HMI (KAHMI) Paser.

“Kegiatan akan diikuti, para anggota dan pengurus komisariat hingga pengurus cabang dan Badko. Sedangkan untuk materi kajian dan diskusi, kami juga mengundang para alumni HMI yang tergabung di KAHMI Paser untuk menjadi pematerinya,” paparnya.

Aziz (sapaan akrabnya) berharap pula, hasil kegiatan tersebut dapat menjadi intisari apa yang akan dilakukan kedepan HMI Cabang Kabupaten Paser. Terutama sebagai khittah perjuangan HMI kedepan dalam memberikan sumbangsih pemikirannya untuk lebih memajukan daerah.

“HMI cenderung pada nilai kebenaran mutlak, yang niscaya lagi rasional, dengan tetap berpedoman pada Al Qur’an dan Al Hadits. Serta, akan turut menjaga keutuhan NKRI,” sebut Aziz yang kala itu didampingi Didin Komaruddin selaku Koordinator Camping Intelektual HMI Cabang Paser.

Ditambahkan Didin, adapun puluhan bibit pohon buah yang akan ditanam merupakan sumbangan dari berbagai pihak. Satu diantaranya, adalah Ade, seorang pecinta alam di Kabupaten Paser.

“Bang Ade membantu kami dengan menyiapkan bibit pohon buah. Diantaranya, ada bibit pohon buah rambutan, durian hutan, pete, pohon garu dan bibit-bibit pohon buah lainnya,” katanya. (ini/dcmu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *