MULAWARMAN NEWS

Pembinaan Kemandirian Warga Binaan Rutan Tanah Grogot Turut Hasilkan Penerimaan Negara

MNEWSKALTIM.COM, TANA PASER – Karutan Kelas IIB Tanah Grogot, Doni Handriansyah di dampingi seluruh Pejabat Struktural dan para Pembina Kemandirian, Kamis (01/02/2021) melaksanakan panen sayuran, mulai dari kacang panjang, kangkung, singkong dan lainnya.

Panen dari sektor pertanian ini merupakan adalah satu hasil pembinaan kemandirian yang dilakukan oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas IIB Tanah Grogot.

“Ini semua merupakan hasil kerja warga binaan yang ada di Rutan Kelas IIB Tanah Grogot melalui pembinaan kemandirian, mereka semua di berikan pemahaman tentang pertanian bercocok tanam agar mereka mempunyai wawasan dibidang pertanian,”

Karutan Kelas IIB Tanah Grogot, Doni Handriansyah

Dari penjualan hasil panen sektor pertanian ini, lanjut Doni, warga binaan bisa mendapatkan honor atau premi yang akan diterima ketika telah menyelesaikan masa pembinaan di Rutan.

“Sebagian hasilnya juga akan disetorkan ke kas negara sebagai pendapatan negara bukan pajak atau PNBP,” ucapnya.

Hingga saat ini, Rutan Kelas IIB Tanah Grogot telah ikut serta berkontribusi kepada negara dengan menyetorkan pendapatan negara bukan pajak sebanyak Rp16 juta pada tahun 2020.

“Sampai di pertengahan tahun 2021 ini telah mencapai Rp. 9 juta dari hasil pembinaan kemandirian para warga binaan pemasyarakatan yang disetorkan ke negara,” terangnya.

Baca Juga :

Selain dibidang pertanian dan perikananan, Warga Binaan Pemasyarakatan juga dibekali pembinaan di bidang lain yakni Jasa Boga, Meubler, dan Kerajinan Tangan.

Doni menambahkan, penjualan hasil dari 3 bidang pembinaan kemandirian Rutan Tanah Grogot tersebut juga dinilai sangat berkontribusi dalam peningkatan PNBP.

“Kami berharap dengan semakin meningkatnya Pembinaan Kemandirian bagi warga binaan, maka semakin meningkat pula kontribusi PNBP oleh Rutan Tanah Grogot,” kata Doni. (rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *