MULAWARMAN NEWS

Pemilu Run Serentak 2019; Ketua KPU Qayyim: Target Partisipasi Pemilih Paser Meningkat

M-NEWS.ID, TANA PASER – Penyelenggaraan Pemilu 2019 tinggal menghitung hari saja lagi, secara serentak Komisi Pemilihan Umum (KPU) se-Indonesia menggelar Pemilu Run 2019 pada 7 April 2019 di masing-masing wilayahnya.

 

Begitu pula di bumi Daya Taka, KPU Kabupaten Paser juga melaksanakan kegiatan yang dimulai Pukul 06.00 Wita.

 

Selain jalan santai, Pemilu Run Serentak 2019 juga diwarnai tarian daerah dan pembagian hadiah (doorprize).

Tampak: Ketua DPRD Paser H Kaharuddin dan Plt Asisten Kesra Sisman memegang bendera start didampingi Kasdim dan Ketua KPU Paser

Untuk diketahui, kegiatan ini dihadiri, Plt Asisten Kesra Sisman yang mewakili Bupati Paser, Ketua DPRD H Kaharuddin, Kasdim 0904/TNG Mayor Inf Danang Setiaji dan Polres Paser.

 

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Paser Abdul Qayyim Rasyid menyampaikan, bahwa Pemilu Run serentak 2019 merupakan satu bagian dari Sosialisasi guna meningkatkan partisipasi pemilih khususnya di wilayah administratif Paser.

 

“Sebelumnya, kami ucapkan terimakasih atas kehadiran para warga di Kabupaten Paser, yang telah meluangkan waktunya mengikuti agenda ini. Semoga, antusias masyarakat pemilih di Paser tetap terasa hingga Hari-H atau 17 April mendatang,” kata Ketua KPU Paser yang biasa disapa Qayyim.

 

Pada Pemilu 2019, lanjut Qayyim, pihaknya menargetkan tingkat partisipasi pemilih sebesar 77,5 persen. Dimana, Pemilu 2019 tersebut untuk memilih Presiden Republik Indonesia (RI), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), DPD, DPRD I dan DPRD II.

 

“Oleh karena itu, kami mengharapkan kepada warga Kabupaten Paser yang telah memenuhi syarat memilih, datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya pada 17 April 2019 nanti,” imbaunya.

 

Sementara, Sisman dalam membacakan sambutan Bupati Paser Yusriansyah Syarkawie mengatakan, pihaknya sangat mendukung KPU Kabupaten Paser dan juga menghimbau kepada masyarakat setempat untuk menyalurkan hak pilihnya di TPS pada 17 April mendatang.

 

“Pemilu run yang dilaksanakan KPU Paser, tujuannya adalah memberikan energi dan gairah kepada kita selaku warga negara yang baik. Guna mempersiapkan diri sebaik-baiknya menyambut pesta demokrasi pemilu serentak, sepuluh hari dari sekarang,” ungkapnya.

 

Disamping itu, pihaknya juga mengapresiasi KPU Kabupaten Paser. Pasalnya, para komisionernya baru dilantik kurang dari sebulan tapu mampu berlari dengan sangat cepat untuk melakukan segala persiapan dalam waktu singkat.

 

“Suatu kebanggaan pula bagi kita, meskipun tiga komisioner yang baru, bahkan tidak punya waktu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, namun dituntut untuk langsung tancap gas. Sebagai pensejajaran langkah dengan dua komisioner lama demi suksesnya pemilu 2019,” ujarnya.

 

Tak hanya segitu, sebut Sisman, KPU juga dibebani target untuk dapat meningkatkan angka partisipasi pemilih di Kabupaten Paser. Dari hanya 65 persen pada Pilgub Kaltim 2018 menjadi 77,5 persen pada Pemilu 17 April 2019.

 

“Para penyelenggara pemilu, sampai kini masih berupaya untuk mengejar agar target yang ditetapkan bisa tercapai. Melalui pemilu run inilah, menjadi salah satu ajang promosi manakala masih ada diantara warga beranggapan pemilu tidak membawa dampak bagi kehidupan pribadi,” sebutnya.

 

“Tentu saja, siapapun presidennya kita akan tetap harus bekerja untuk menghidupi diri dan keluarga. Namun, hidup tidak hanya sebatas apa yang bisa kita berikan untuk diri sendiri dan keluarga,” lanjutnya.

 

Menurut Sisman, sebagai makhluk bernegara yang hidup dalam suatu sistem tentunya satu suara dalam pemilu bisa memberikan pengaruh yang luar biasa bagi kelangsungan berbangsa dan bernegara.

 

“Karenanya, kita lebih baik berpartisipasi dalam pemilu meskipun pada akhirnya nanti kenyataan tidak sesuai harapan. Dari pada bersikap apatis, dan hasilnya tetap sama,” pesannya. (sad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *