MULAWARMAN NEWS

Pemkab Paser Buka Layanan Call Center Covid-19

Kepala DKISP Akhmad Zulfian saat konferensi pers, Jum’at (20/3/2020).

MNEWSKALTIM.COM, TANA PASER – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser membuka layanan call center sebagai saranan informasi valid dan resmi penanganan Virus Corona atau Covid-19 yang kini menjadi pandemik global.

Layanan call center yang dikelola oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Paser dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Paser agar masyarakat mendapatkan kemudahan memperoleh informasi seputar Covid-19.

“Masyarakat silahkan mengakses sumber informasi resmi dari pemerintah di call center 081549601340 atau 082153202021,” kata Kepala DKISP Akhmad Zulfian saat konferensi pers, Jum’at (20/3/2020).

Merebaknya disinformasi atau hoax terkait covid-19 di masyarakat, Zulfian mengimbau masyarakat agar bijak dalam menggunakan media sosial.

“Informasi yang tidak tepat atau hoax dapat meresahkan masyarakat. Sebelum menyebarkan informasi ada baiknya meng kroscek kebenaran berita tersebut,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dia juga menyampaikan bahwa masih banyak masyarakat yang belum mengetahui lebih dalam mengenai Covid-19. Bahkan masih bingung dengan istilah ODP dan PDP yang sering muncul dalam pemberitaan.

“Seseorang akan disebut ODP jika orang itu baru melakukan perjalanan dari negara terjangkit. Apabila mereka sakit dan menunjukkan gejala yang mengarah ke influenza dengan ciri-cirinya seperti batuk, flu, demam dan gangguan pernapasan, maka status mereka langsung dijadikan sebagai PDP,” jelas Zulfian.

Selain itu, Pemkab Paser akan melakukan upaya meminimalisir penyebaran Covid-19 dengan penyemprotan disinfektan untuk mensterilkan fasilitas umum di Paser.

“Saat ini sedang disiapkan cairan disinfektan untuk di semprotkan ke berbagai fasilitas pemerintah dan umum di seluruh kecamatan,” terangnya.

Diakhir, Zulfian juga meminta masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dan selalu menjaga kondisi tubuh agar selalu sehat.

“Sesuai arahan pemerintah, agar masyarakat mengurangi kegiatan diluar rumah, dan selalu menerapkan pola hidup sehat, serta rajin cuci tangan. Bila merasa kurang sehat, segera ke fasilitas kesehatan,” ucapnya. (adv/dkisp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *