MULAWARMAN NEWS

Pemkab Paser Gelar Peringatan Bulan K3 Tahun 2020

Sekretaris Daerah Paser Katsul Wijaya saat menyerahkan penghargaan kepada perwakilan perusahaan, Kamis (5/3/2020)

MNEWSKALTIM.COM, TANA PASER – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser menggelar upacara Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2020, di Halaman Kantor Bupati Paser Jalan RM Noto Sunardi Tana Paser, Kamis (5/3/2020).

Sekretaris Daerah (Sekda) Paser Katsul Wijaya didaulat menjadi inspektur upacara (irup) yang di hadiri perwakilan perusahaan, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pelajar di Kabupaten Paser dalam kesempatan tersebut menyampaikan amanat Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah.

Sekda Paser Katsul Wijaya dalam amanatnya mengatakan Peringatan Hari K3 Nasional Tahun 2020 merupakan momentum yang sangat strategis sekaligus bersejarah mengingat Undang-undang Nomor 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja telah berusia 50 tahun. 

“Pada usia setengah abad Undang-undang ini menghadapi tantangan-tantangan baru dalam dunia Ketenagakerjaan.  Salah satu adalah revolusi industri,” kata Katsul Wijaya.

Menghadapi revolusi industri 4.0, lanjutnya, Kementerian Ketenagakerjaan melalui tema “Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi” ingin melakukan perubahan berbasis digital.

“Dengan revolusi industry 4.0 diharapkan mampu mengikuti perkembangan teknologi yang ditandai dengan adanya inovasi otomatisasi, super computer, artificial intelligence dan fleksibilitas pola kerja,” ucapnya.

Menurutnya saat ini pemerintah memiliki 7 agenda prioritas yang tertuang dalam RPJMN guna mewujudkan peningkatan SDM yang berkualitas dan berdaya saing serta memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar.

“Untuk meningkatkan kualitas SDM, perlu pemahaman K3 yang komprehensif bagi SDM di perusahaan, guna memastikan dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan beresiko, dapat dilakukan secara aman.   Pada akhirnya dapat menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, efisien dan produktif,” tuturnya.

Dia juga berharap momentum peringatan Bulan K3 ini untuk memperkuat komitmen dalam melakukan reformasi ketenagakerjaan dan mewujudkan SDM unggul menuju Indonesia maju.

Dalam kesempatan itu, Sekda Paser katsul wijaya juga menyerahkan tanda penghargaan kepada 10 perusahan Zero Accident (kecelakaan nihil) dan 11 perusahan sebagai program pemberantasan HIV/AIDS atas komitmen perusahaan menjalankan dan menerapkan program K3 di wilayah kerjanya.. (adv/dkisp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *