MULAWARMAN NEWS

Pemkab Paser Naikkan Anggaran Jadi Rp 37 Milliar Atasi Dampak Covid-19

Kapala Bappedalitbang Muksin

MNEWSKALTIM.COM, TANA PASER – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser melalui Bappedalitbang akan menaikan alokasi dana percepatan penanganan Covid-19 sebesar Rp 25 milliar sehingga total anggaran Covid-19 mencapai Rp 37 milliar.

Dana tambahan sebesar Rp 25 Milliar, lanjut Muksin, akan disiapkan sebagai jaring pengaman sosial bagi warga yang terdampak pandemi virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Paser.

“Terkait mekanisme dan kriteria pemberian bantuan warga terdampak akan dibahas lebih lanjut di perangkat daerah terkait dan gugus tugas,” kata Kapala Bappedalitbang Muksin, Kamis (2/4/2020).

Dia menjelaskan, Tim Anggaran daerah sebelumnya juga telah melakukan pergeseran anggaran sebesar Rp 12 milliar untuk mendukung percepatan penanggulangan Covid-19.

“Dana Rp 12 milliar akan digunakan untuk rehabilitasi dan perlengkapan ruang isolasi di RS Panglima Sebaya. Adapula pengadaan ambulance khsusus, obat habis pakai, APD, masker, rapid test termasuk rencana pengadaan PCR,” ungkapnya.

Dalam Rp 12 milliar tersebut, selain menganggarkan untuk kebutuhan Rumah Sakit sebesar Rp 8 milliar, juga dialokasikan untuk Dinas Kesehatan sebesar Rp 1,8 Milliar dan biaya tak terduga Rp 1 milliar.

“Kami juga mengalokasikan anggaran untuk upaya karantina atau semacam isolasi bagi Orang Dalam Pemantauan (ODP) baik di Kabupaten maupun kecamatan,” jelas Muksin.

Terkait pengggunaan dana hibah pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Paser tahun 2020 untuk penanganan Covid-19, Muksin mengaku masih menunggu pemberitahuan secara resmi.

“Kami masih menunggu regulasi dari pemerintah pusat, bila memang aturannya sudah ada, bisa saja anggaran pilkada di geser,” imbuhnya. (adv/dkisp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *