MULAWARMAN NEWS

Pemkab Paser Teken MOU dengan DJP Kaltimtara

M-NEWS.ID, BALIKPAPAN – Membuktikan keseriusan pemerintah tentang pentingnya masalah perpajakan, Pemerintah Kabupaten Paser menjalin kerjasama dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kaltimtara di Balikpapan, Jum’at (13/7/2018).

Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi mengatakan kerjasama ini guna mengoptimalkan penerimaan pajak, baik pajak pusat maupun daerah.

“Saya harap setelah kerja sama bisa segera direalisasikan, karena melalui kerjasama ini penerimaan pajak pusat dan daerah lebih meningkat,” kata Yusriansyah.

Upaya yang dilakukan Pemkab Paser untuk mengoptimalkan pajak daerah, sambungnya, dengan memberikan perhatian khusus pada regulasi perijinan usaha

“DMPTSP mempunyai peran penting dalam pengoptimalan pajak daerah karena berkaitan dengan perijinan usaha yang diwajibkan membayar pajak kepada pusat dan daerah,” tuturnya

Menurutnya sektor pajak salah satu sumber penerimaan negara dalam rangka mensukseskan pembangunan nasional dan sumber penerimaan daerah sehingga dapat berpengaruh pada Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Jika sumber penerimaan pajak daerah meningkat, maka akan sangat membantu laju pertumbuhan ekonomi di Paser,” ucapnya.

Sementara Kepala Kanwil DJP Kaltimtara Samon Jaya mengapresiasi kerja sama yang sudah dilakukan antara Pemkab Paser dengan DJP Kaltimtara.

“Ini langkah konkrit untuk mengoptimalkan pajak pusat dan pajak daerah. Kita akan menggunakan aplikasi bernama Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP),” kata Samon Jaya.

Dengan KSWP kata Samon, akan diketahui apakah Wajib Pajak (WP) sudah melaksanakan kewajibannya dan membayar pajak sesuai aturan yang berlaku.

“Dengan KSWP bisa diketahui apakah wajib pajak sudah bayar pajak, atau jumlah pajak yang dibayar dan dilaporkan seseuai dengan ketentuan perpajakan,” tuturnya.

Untuk diketahui, guna mengoptimalkan pajak di daerah, Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi melakukan penandatanganan kerjasama dengan Kepala Kanwil DJP Kaltimtara Samon Jaya, disaksikan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Paser terkait dan pejabat eselon III di lingkup DJP Kaltimtara.

Selain itu turut hadir Kepala Bappeda Paser I Gusti Putu Suantara, Kepala Dinas Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah Abdul Kadir dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Madju Simangunsong. (*/dkisp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *