MULAWARMAN NEWS

Pemkab Paser Terima Hibah Aset Lampu Jalan Tenaga Surya dari Kementerian ESDM

MNEWSKALTIM.COM, YOGYAKARTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser menerima hibah aset dari dari Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) pada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Aset tersebut berupa 472 unit Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) yang diserahterimakan Direktur Perencanaan Pembangunan Infrastruktur Dr. Ir. Hendra Iswahyudi kepada Bupati Paser dr. Fahmi Fadli di kawasan Candi Prambanan Yogyakarta, Jumat (29/10/2021).

“Bantuan ini sangat bermanfaat untuk masyarakat karena sampai saat ini masih banyak desa-desa yang belum memiliki lampu penerangan jalan,”

Bupati Paser dr. Fahmi Fadli

Fahmi menjelaskan, Kementerian ESDM dalam kurun waktu tiga tahun sejak 2018 telah memasang secara bertahap 472 PJU-TS tersebar di 10 kecamatan.

“Sebanyak 167 unit dipasang tahun 2018, lalu 230 unit pada 2019 dan sisanya 75 unit dipasang pada 2020,” terangnya.

Bupati menambahkan bantuan ini diharapkan mendorong peningkatan rasio elektrifikasi sehingga dapat memenuhi kebutuhan penerangan di desa yang belum teraliri listrik.

Baca Juga :

“PJU ini ditempatkan di desa-desa yang belum teraliri listrik khususnya di fasilitas umum diantaranya di masjid, kantor desa, dan pusat kesehatan,” jelasnya.

Bupati Fahmi berharap meski program ini sudah pindah ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang,  ia berharap program ini terus berlanjut diberikan kepada Kabupaten Paser.

Acara Penandatangan Berita Acara Serah Terima (BAST) dan Naskah Hibah Barang Milik Negara (BMN) DJEBTKE Kementerian ESDM RI juga diikuti 43 kepala daerah kabupaten kota se-Indonesia. (sas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *