MULAWARMAN NEWS

Penyederhanaan Birokrasi. Jahidin: Kalau Bisa Sampai ke Jenjang Daerah

M-NEWS.ID, SAMARINDA – Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo resmi dilantik Minggu (20/10/2019) kemarin untuk masa bakti 2019-2024.

Diawal pidato kenegaraannya, Ia menyampaikan rencana penyederhanaan birokrasi secara besar-besaran. Dimana, jenjang eselonisasi akan disederhanakan. Eselon I, eselon II, eselon III, eselon IV akan dipangkas menjadi 2 level saja dan diganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian serta menghargai kompetensi.

Rencana itu mendapat dukungan dari DPRD Kaltim. Seperti yang disampaikan Ketua Komisi I DPRD Kaltim Jahidin, berharap agar penyederhanaan tersebut juga menyasar hingga pemerintahan di daerah.

“Saya setuju, kalau bisa jangan berhenti dilevel kementrian saja tetapi juga sampai ke pemerintah daerah,” kata Jahidin saat dikonfirmasi, Senin (21/10/19).

Jahidin menilai banyak level kepangkatan hanya menyebabkan anggaran belanja daerah boros. Padahal kata Jahidin, alokasi tunjangan jabatan itu bisa digunakan untuk keperluan yang lebih mendasar.

“Banyak hal yang lebih mendesak dari itu, misalnya pemenuhan infrastruktur dasar yang lebih dibutuhkan masyarakat,” ucapnya.

Menurutnya, reformasi penyederhanaan birokrasi yang dilakukan secara besar besaran itu itu hal yang wajar. Bahkan kata Jahidin, sudah mulai diwacanakan sejak 2012 lalu namun tidak sampai ke daerah.

“Daerah juga harus dilakukan, karena hal itu bisa mempercepat urusan birokrasi di daerah yang selama ini panjang bahkan terbilang ribet,” ujarnya.

Namun, lanjut politisi PKB ini, rencana itu harus dibarengi dengan kajian yang kuat.

“Supaya bisa dilihat positif, dan negatifnya sebagai bahan pertimbangan,” tutupnya. (dik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *