Pesantren Ramadan SMP 2 Pasir Belengkong, Bentuk Karakter Pelajar Cinta Al Qur’an

MNEWSKALTIM.COM, PASER – Semarak Ramadan 1445 H dirasakan sangat khidmat bagi keluarga SMP Negeri 2 Pasir Belengkong. Berbagai kegiatan dilakukan dalam momentum ini sebagai upaya meningkatkan keimanan.

Salah satunya dengan mengisi waktu menyelenggarakan pesantren Ramadan 1445 H bagi para pelajar yang diharapkan dapat memupuk rasa cinta mereka pada Al Qur’an.

“Ini menjadi momentum agar peserta didik semakin cinta kepada al-quran. Sebagaimana tema yang di angkat yaitu tingkatkan keimanan lewat semangat belajar dan ibadah,”

Pembina Keagamaan SMP N 2 Pasir Belengkong, Restu Aulia

Menurutnya, kegiatan yang berlangsung selama tiga hari dimulai sejak hari Kamis (14-16/3/2024) merupakan upaya menambah ilmu serta membentuk karakter bagi peserta didik.

“Belajar untuk menambah ilmu, karena ilmu membuat kita bisa memahami setia makna ibadah yg dilakukan, dengan ilmu pula kita bisa memahami makna keikhlasan beribadah,” jelasnya.

Ditambahkan, dikegiatan pesantren Ramadan akan ada ada bimbingan khusus untuk membaca Al Qur’an bagi peserta didik yang belum bisa membaca Al Qur’an. Sedangkan yang masih terbata-bata akan di rekomendasikan untuk mengaji di TPA BKPRMI terdekat.

“Sekalipun kami ini sekolah umum, namun banyak sekali moment kegiatan keagamaan, yang sudah ditetapkan di kalender Pendidikan, mulai Isra Mi’raj, Maulid Nabi Muhammad Saw, Manasik Haji, pergantian tahun baru Islam. Dan yang berlangsung saat ini pesantren Ramadan,” ungkapnya.

Restu berharap pesantren Ramadan bisa menjadi bagian atau tradisi di dunia Pendidikan yang harus diperhatikan oleh pihak terkait seperti Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama.

“Karena saat kegiatan pesantren Ramadan selama ini hanya kreatifitas guru pembina keagamaan saja, dan belum ada acuan untuk tindak lanjutnya atau pun indikator karakter yang diharapkan,” tutur Restu.

Hanya lebih ke kognitif saja, namun ini sebagai upaya meningkatkan keimanan dan ketakwaan sebagaimana visi dan misi satuan Pendidikan yang mengharapkan mampu berkolaborasi antara Pendidikan Islam dan Umum.

Baca Juga :

Sementara, Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Pasir Belengkong Ninik Sulistyowati, mengatakan pesantren Ramadan tidak hanya menjadi seremonial semata, namun dapat memberikan dampak positif dari pendidik maupun peserta didik.

“Dari kegiatan ini untuk merefresh diri untuk meningkatkan ibadah, membaca Al Qur’an semua perlu pengendalian diri, ikhlaskan kehadiran kita dengan khusyuk, semoga momentum ini dapat kita manfaatkan,” kata Ninik.

Pesantren Ramadan 1445 H ini ditutup dengan pembagian hadiah untuk peserta didik terbaik 1,2 dan 3 dan dilanjutkan Tausiah oleh penceramah Azmi. (dr)

2 thoughts on “Pesantren Ramadan SMP 2 Pasir Belengkong, Bentuk Karakter Pelajar Cinta Al Qur’an

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.