MULAWARMAN NEWS

Pilgub Kaltim 2018, Tak Ada Gugatan Untuk KPU Kaltim

M-NEWS.ID, SAMARINDA – Seluruh rangkaian gelaran Pilgub Kaltim 2018 hampir rampung. Tersisa penetapan paslon pemenang oleh KPU Kaltim dan mengevaluasi penyelenggaraan Pilgub Kaltim 2018.

Sejak penetapan 8 Juli 2018 di Hotel Bumi Senyiur, hingga kini belum ada konfirmasi dari KPU RI atas gugatan di Pilkada Kaltim.

Artinya, hampir dipastikan tak ada gugatan yang dilayangkan oleh pihak paslon tertentu sebagai peserta Pilgub Kaltim 2018 kepada KPU Kaltim.

Komisioner KPU Kaltim Viko Januardy mengatakan, legal standing atau syarat formil bagi paslon yang melakukan gugatan ke MK harus selisih suara pemenang tidak lebih dari 1,5 persen dikali total jumlah suara sah.

Jika syarat formil tersebut tak memenuhi maka gugatan tak bisa dilakukan.

“KPU sudah memberi tiga hari setelah penetapan rekapitulasi suara, sejak 8 Juli 2018 pukul 14.25 Wita. Setelah tiga hari dan jam tersebut lewat, kami anggap tidak ada gugatan,” ungkap Viko.

Diketahui, hasil rekapitulasi oleh KPU Kaltim menempatkan paslon Isran-Hadil unggul telak dengan perolehan suara 417.711.

Disusul Paslon Rusmadi dan Safaruddin 324.226 suara. Paslon Syaharie Jaang dan Awang Ferdian 302.987 suara dan paslon Sofyan Hasdam dan Rizal 288.166 suara.

“Jika melihat selisih suara antara paslon Isran-Hadi dan Rusmadi-Safaruddin, ada selisih sebanyak 93.485 suara. Angka tersebut lebih dari 1,5 persen,” ucap Viko.

Tak hanya itu, Viko juga mengimbau kepada pihak-pihak yang tak terima dengan proses Pilkada dan hasilnya, maka ada saluran yang sudah disiapkan untuk menggugat.

Dibeberkannya, jika menggugat soal kode etik bagi para penyelenggara pemilu maka salurannya ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI. Kalau pelanggaran administasi ke maka salurannya ke Bawaslu. Kalau perselisihan hasil suara ke MK.

“Ketiga saluaran tersebut silahkan digunakan,” jelas Viko.

Karena tak ada gugatan, maka KPU Kaltim dalam waktu dekat akan mengatur jadwal rapat pleno terbuka untuk menetapkan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur atau Cagub Terpilih selaku pemenang Pilgub Kaltim 2018. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *