MULAWARMAN NEWS

Polisi Berhasil Bekuk Tahanan Balikpapan yang Kabur ke Paser

Pelaku Basri yang berhasil diamankan polisi di Mapolsek Long Ikis, Selasa (31/1/2017)

Tim gabungan Jatanras Polda Kaltim, Polresta Balikpapan dan Polsek Long Ikis berhasil menangkap 1 orang buronan dari 13 buronan tahanan Polresta Balikpapan di Desa Tajur, Kecamatan Long Ikis, Kabupaten Paser, Selasa (31/1/2017).

Buronan yang berhasil di tangkap adalah Basri, salah satu otak pelaku kaburnya tahanan, petualangan Basri berakhir setelah 6 hari melarikan diri ke wilayah hukum Polres Paser.

Kapolres Paser AKBP Hendra Kurniawan didampingi Kapolsek Long Ikis AKP Jumali mengungkapkan penangkapan tersebut berdasarkan informasi yang dihimpun kepolisian sehingga ditemukan posisi terakhirnya di Kecamatan Long Ikis.
“Dari hasil pelacakan data tracking yang kita terima,ternyata pelaku berada di Paser” ungkap Hendra.

17 orang tim gabungan dari Polda Kaltim, Polresta Balikpapan dan Polsek Long Ikis yang di Komandoi Kasat Reskrim Polresta Balikpapan AKP Kalfaris Triwijaya Lalo berhasil menangkap pelaku.

“Setelah berkoordinasi, tim Reskrim Polresta Balikpapan langsung meluncur ke Mapolsek Long Ikis untuk melakukan penangkapan” ungkap Hendra.

Penangkapan Basri tidaklah mudah, tim harus berjalan sekitar 3 km dan juga harus melewati jalur laut untuk bisa mendekati titik lokasi persembunyian Basri.
Setelah sampai, tim langsung melakukan pengamatan pada sebuah gubuk. Selang beberapa jam, dan dipastikan pelaku berada di dalam, tim merangsek masuk ke dalam.

“Ketika kami dobrak pintu, ternyata Basri sedang tertidur” kata Hendra.

Tau akan ditangkap, pelaku bukannya menyerah, pria bertato ini justru melarikan diri dengan melompat dari jendela. Dengan sigap tim langsung mengejar pelaku, karena tidak kooperatif, tim sampai harus memberikan tembakan peringatan sebanyak 3 kali sampai akhirnya pelaku berhasil dilumpuhkan oleh tembakan ke-4 yang mengenai betisnya.
“Kami terpaksa menembak kaki pelaku karena berusaha kabur dari kejaran petugas” ujar Hendra.

Setelah situasi lokasi aman dan kondusif, pelaku langsung dibawa ke Balikpapan untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. (rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *