MULAWARMAN NEWS

Polisi Tetapkan Tersangka Pembakaran Hutan dan Lahan di Batu Sopang

M-NEWS.ID, Tana Paser – Pengungkapan kasus Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Paser terus berproses dan tersangka baru pun telah ditetapkan pihak kepolisian.

Kepolisian Resor (Polres) Paser menetapkan dan mengamankan tersangka seorang warga Desa Busui, Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Paser berinisial HA (58).

“HA diamankan karena membakar lahan kurang lebih 2 hektare di Desa Busui RT.01 Kecamatan Batu Sopang,” kata Kapolres Paser AKBP Roy Satya Putra saat Konferensi Pers di Mapolres Paser, Jum’at (20/9/2019).

Dia juga menyampaikan, dari pelaku HA polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa satu buah korek api gas serta, 2 potongan kayu bekas terbakar.

Dia menjelaskan, kejadian bermula pada bulan Januari 2018 tersangka meminjam lahan dari saudara H. Burhan yang berada di Desa Busui RT 01 Kecamatan Batu Sopang dengan tujuan untuk berkebun.

Pada bulan juli 2019 HA menebang pohon-pohon yang ada dilokasi dan dua bulan kemudian tepatnya pada hari selasa ( 17/09/2019 ) pukul 14.30 wita HA datang ke lokasi lahan yang sudah di tebang tersebut dan membakar pohon-pohon yang sudah ditebang dengan menggunakan korek api gas.

Api kemudian membesar dan membakar pohon dan bambu yang ada dilahan seluas 2 hektare tersebut sehingga mengeluarkan asap tebal.

Selanjutnya pihak kepolisian dan TNI berusaha memadamkan Api tersebut dibantu dari pihak perusahaan dan api mulai padam sekitar pukul 17.30 wita.

Untuk menanggung perbuatannya, HA terancam hukuman dengan pasal berlapis yaitu Pasal 50 ayat (3) huruf d dan pasal 78 ayat (3) Undang-Undang Nomor 41 tahun 1999 tentang Kehutanan dengan ancaman pidana penjara paling lama 15 (lima belas) tahun dan denda paling banyak Rp 5 milyar. (*/dar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *