MULAWARMAN NEWS

Polres Paser Amankan 2 Tersangka Pencurian Buah Sawit di Bandara Sepinggan

Jajaran Reskrim Polsek Long Kali saat mengamankan tersangka pencurian TBS PTPN XII di terminal lama Bandara Sepinggan, Sabtu (24/2/2017)

TANA PASER (M-News.id) – Dua Pelaku Pencurian Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di perkebunan milik PTPN XIII Desa Gunung Putar Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser akhirnya diamankan Polisi Sektor Long Kali di Bandara Sepinggan Balikpapan, Sabtu (25/2/2017) dini hari.

Pelaku tersebut berinisial TR (24) dan MAB (19) warga Desa Gunung Putar Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser. Para pelaku ditangkap oleh Kanit Reskrim Polsek Long Kali bersama 3 personel yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Long kali AKP Danang Aries Susanto. Pelaku ditangkap di lokasi terminal lama bandara Sepinggan Balikpapan saat akan menunggu keberangkatan menuju Nusa Tenggara barat.

Kapolres Paser AKBP Hendra Kurniawan melalui Kapolsek Long Kali membenarkan penangkapan yang dilakukan jajarannya pada sabtu dini hari tersebut.

“Kami mendapatkan informasi pelaku akan kabur keluar daerah menggunakan pesawat udara, sekitar pukul 02.15 wita pihaknya langsung melakukan menangkap pelaku di bandara sepinggan Balikpapan” ujar Danang.

Selanjutnya tersangka dibawa kembali ke wilayah hukum Polres Paser untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.

Penangkapan para tersangka tersebut berdasarkan Laporan Polisi LP/ K-08/ II/ kaltim/ Res Paser/ Sek Long kali terkait kasus pencurian TBS milik PTPN XIII pada Jum’at (24/2/2017) sekitar pukul 02.00 Wita di Afdeling 7 Desa Gunung Putar, Kabupaten Paser.

Dari informasi yang dihimpun M-News.id, pada pukul 01.00 wita anggota Polsek Long Kali Aiptu Maslik yang saat itu sedang melakukan pengamanan kebun PTPN XIII mendapat telpon dari satpam PTPN XIII yang menginformasikan bahwa ada beberapa orang sedang memanen buah sawit di kebun milik BUMN tersebut.

Begitu mendapatkan kabar, Aiptu Maslik bergegas bertemu satpam dan melakukan penghadangan di portal milik PTPN XIII, setelah menunggu beberapa lama, kemudian muncul mobil Ford Ranger dengan muatan sawit dan ada 4 orang di mobil tersebut. 3 orang pelaku yang berada di bak mobil berhasil kabur pelaku, sedangkan si supir ketika hendak membuka pintu berhasil di tangkap Aiptu maslik dan satpam.

Kemudian diketahui supir tersebut bernama Ba (38) warga RT 13 Kelurahan Long Kali dan pelaku langsung diamankan ke Polsek Long Kali. Dasil hasil introgasi petugas, diketahui bahwa 3 pelaku yang berhasil kabur tersebut berinisial TR (24) dan MAB (19) dan seorang yang belum diketahui identitasnya.

Ba sendiri menerangkan bahwa dia mengetahui kalau buah sawit yg di muat tersebut milik PTPN dan terhadap Ba, polisi meningkatkan statusnya menjadi tersangka Pertolongan Jahat sebagaimana pasal 480 KUHP.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Long kali AKP Danang Aries Susanto menuturkan, polisi berhasil mengamankan beberapa bukti untuk pengusutan lebih lanjut.

“Kami berhasil mengamankan 1 ( satu) unit mobil Ford Ranger dengan nopol KT 8244 AQ bermuatan 97 tandan buah sawit yg beratnya kurang lebih 1.981 kg .
dan 1 (satu) batang Tojok dari besi sebagai alat untuk menaikkan buah sawit ke mobil,” Kata Danang. (rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *