MULAWARMAN NEWS

Polres Paser Bekuk Dua Komplotan Curanmor

Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Safaruddin didampingi Kapolres Paser AKBP Dudy Iskandar saat menyampaikan rilis pengungkapan kasus curanmor di wilayah Paser, Jum’at (2/6/2017)

M-News.id – Kepolisian Daerah Kaltim merilis pengungkapan kejahatan tindak pidana curanmor yang berhasil diungkap oleh jajaran Polres Paser di halaman Gedung Awa Mangkuruku Tana Paser, Jumat (2/6/2017).

Dalam kasus ini, Polres Paser berhasil membongkar dua kelompok pelaku tindak pidana curanmor dalam kurun waktu seminggu yaitu kelompok Reno dkk dan kelompok Ali Akbar.

Dari kelompok pertama, polisi berhasil mengamankan 8 tersangka yang terdiri dari 4 pelaku berinisial R (19), HS (24), SE (16), CD (19), dan 4 orang penadah berinisial ES (26), IW (21), HD (30), MS (23). Dari kelompok kedua, polisi berhasil mengamankan 2 orang pelaku yaitu AA (22) dan MU (30).

Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Safaruddin didampingi Kapolres Paser AKBP Dudy Iskandar menyampaikan, polisi berhasil menangkap 10 tersangka serta mengamankan 20 unit roda dua.

“Ini kejahatan jalanan yang meresahkan masyarakat. Alhamdulillah berhasil kita ungkap. Mudah-mudahan ke depan tidak ada kejadian lagi, karena sudah tertangkap,” kata Kapolda Kaltim didampingi Kapolres Paser AKBP Dudy Iskandar, SIK, di depan Gedung Awa Mangkuruku Tana Paser.

Kapolda Kaltim juga mengimbau kepada masyarakat jika ada yang merasa kehilangan kendaraan agar bisa mengecek langsung di Mapolres Paser dengan membawa dokumen kelengkapan kendaraan.

“Jika ada yang pernah kecurian sepeda motor, silahkan cek ke Polres Paser, jangan lupa membawa BPKP dan STNK sebagai bukti kepemilikan. Tenang.. tidak dipungut biaya alias gratis, jangan lagi ada pikiran bahwa mengambil kendaraan harus bayar” tegas Irjen Pol Drs. Safaruddin.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Safaruddin didampingi Kapolres Paser AKBP Dudy Iskandar saat mengecek kondisi ranmor yang telah diamakan dari tangan para pelaku di halaman Gedung Awa Mangkuru Tana Paser, Jum’at (2/6/2017)

Sementara itu Kapolres Paser AKBP Dudy Iskandar juga menyampaikan pengungkapan kasus ini merupakan pengembangan laporan kehilangan kendaraan roda dua dari masyarakat..

“Laporan pertama tanggal 27 Mei 2017 dari saudara Sukardi warga RT 1 Desa Saing Prupuk, Kecamatan Batu Engau yang kehilangan 1 unit R2 merek Yamaha Vixion, dan laporan kedua pada tangal 29 Mei 2017 dari saudaru Rabiatul yang kehilangan 1 unit R2 merek Honda Scoopy di Desa Pait, Kecamatan Long Ikis,” kata Dudy.

Dari laporan yang pertama, anggota Polsek Batu Engau melakukan penyelidikan, dan tanggal 30 Mei 2017, polisi memperoleh informasi korban laka lantas dirawat di RS Panglima Sebaya mirip terduga pelaku pencurian. Setelah diinterogasi, pelaku atas nama R alias Fahri akhirnya mengakui perbuatannya dan telah menjual kepada MS. Gerak cepat kepolisian akhirnya berhasil membekuk penadah MS.

“Dari pengembangan, kami berhasil mengamankan 7 tersangka, serta mengamankan 16 unit kendaraan roda dua hasil kejahatan para pelaku, berupa 3 unit Yamaha Vixion, 5 unit Yamaha Mio, 5 unit Suzuki Satria F, 2 unit Yamaha Jupiter Z, dan 1 unit Yamaha Jupiter MX.” ujar Dudy.

Untuk kasus curanmor kedua, Dudy menjelaskan pada Selasa 29 Mei 2017 setelah menerima informasi dari korban, Polsek Long Ikis segera berkoordinasi dengan anggota Polsek Kuaro, guna mempersempit ruang gerak pelaku, polisi melakukan razia pada tiga titik jalan yang mengarah ke arah Tanah Grogot, Kalsel dan arah Balikpapan.

“Sekira pukul 19.30 wita, personel Polsek Kuaro mendapat infomasi bahwa sepeda motor dengan ciri-ciri tersebut sedang mengisi bensin di Jl. R. Suprapto Kec. Kuaro. Petugas kemudian langsung mendatangi dan menangkap pelaku, dan dari penyelidikan polisi berhasil mengamankan barang bukti 4 unit kendaraan roda 2 berupa 3 unit Honda Scoopy serta 2 unit Yamaha Mio ” jelasnya. (rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *