MULAWARMAN NEWS

Program CSR, PT PAMA Fokus 5 Pilar

Istimewa

M-NEWS.ID, TANA PASER – Sebagaimana diketahui, setiap perusahaan berkewajiban melaksanakan program Corporate Social Responbility (CSR) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah operasinya.

Salah satunya, seperti yang dilakukan PT Pamapersada (PAMA) site Batu Kajang, Kabupaten Paser. Dalam hal program CSR, PT PAMA memfokuskan pada 5 pilar. Adalah, Pilar Ekonomi, Kesehatan, Lingkungan, Pendidikan dan Pilar Sosial-Budaya (Sosbud)

“Untuk program CSR, kami memfokuskan pada 5 pilar. Yakni, ekonomi, kesehatan, lingkungan, pendidikan dan Sosbud,” ungkap Hendra Kusuma Saputra selaku CSR Officer PT PAMA site Batu Kajang, Kabupaten Paser, Minggu (19/5/2018)

Lima pilar ini, lanjut Hendra, merupakan program prioritas guna adanya perubahan peningkatan kebaikan masyarakat di areal kerjanya.

“Untuk kelima pilar itu, kami juga mendapat dukungan dari pemerintah dan masyarakat. Sehingga, dalam prosesnya tidak ada ganjalan,” ucapnya.

Dikatakan, tujuan prioritas 5 pilar tersebut agar masyarakat dapat meningkatkan perekonomian secara mandiri.

“Melalui 5 pilar program CSR ini, kami memberikan pembinaan kepada masyarakat di sekitar. Sehingga, kedepannya masyarakat bisa lebih mengembangkan program secara mandiri,” sebutnya.

Disampaikan juga, bahwa pihaknya sementara memfokuskan program CSR pada desa-desa yang termasuk dalam zona ring satu terlebih dahulu.

“Untuk program CSR PT PAMA, kami memprioritaskan desa yang berada pada Ring Satu dulu. Guna teratur dan tepat sasaran,” jelasnya.

Terkait kelima pilar yang menjadi prioritas program CSR PT PAMA site Batu Kajang, Hendra merinci beberapa diantaranya.

“Untuk Pilar Ekonomi, kami telah melakukan pembinaan kepada 244 pelaku Usaha Kecil dan Mikro (UKM) yang tersebar di Kabupaten Paser. Mulai dari pembinaan proses pengolahan produk, pengemasan, pemasaran hingga pengelolaan keuangan UKM,” paparnya.

Kemudian Pilar Kesehatan, yaitu berupa peningkatan pemahaman masyarakat akan pentingnya kesehatan. Apalagi, sebut Hendra, pilar kesehatan erat kaitannya dengan pilar lingkungan. Dimana, lingkungan bersih berdampak positif pada kesehatan.

“Dalam pelaksanaannya, kami bekerjasama dengan instansi kesehatan. Sedangkan lingkungan, kami seringkali melakukan kerjasama dengan masyarakat dan sejumlah instansi untuk melakukan penanaman pohon,” terangnya.

Sedangkan Pilar Pendidikan, pihaknya terfokus pada bantuan perolehan sekolah berpredikat Adiwiyata. Yang mana, berhubungan erat pula dengan Pilar Lingkungan.

“Pilar pendidikan, kami terfokus pada sekolah-sekolah di Batu Kajang dan Muara Samu untuk mencapai Sekolah Adiwiyata. Semoga, peranserta kami bisa terus di dukung pemerintah dan masyarakat setempat,” tutupnya. (aia/sad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *