MULAWARMAN NEWS

Ratusan Mahasiswa Paser Demo Tolak RKUHP dan Revisi UU KPK

M-NEWS.ID, Tana Paser – Sekitar 600 mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Paser (AMP) menggelar long March dan aksi demo di Gedung DPRD Kabupaten Paser, Jum’at (27/9/2019).

Aksi menolak RKUHP dan pelemahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) serta mengecam tindakan represif kepolisian di beberapa daerah itu dimulai dengan aksi long march dari Taman Promosi Seni Budaya Putri Petung menuju Mapolres Paser dan berakhir di Kantor DPRD Paser mendapatkan pengawalan ketat kepolisian dengan menyiagakan mobil water canon dan mobile security barrier.

Koordinator aksi Aris Wahono Kurniawan mengatakan kedatangan mereka ke kantor DPRD untuk menyuarakan penolakan terhadap RKUHP dan Revisi UU KPK.

“RKUHP bisa membungkam demokrasi, kebebasan berpendapat serta berpotensi mengkriminalisasi seluruh masyarakat. Dan revisi UU KPK bisa melemahkan KPK sebagai lembaga pemberantasan korupsi di Indonesia,” kata Aris.

Selain itu, Dia juga mengecam aksi tindakan represif oleh oknum kepolisian saat mengawal aksi demonstrasi mahasiswa di berbagai daerah.

“Kami juga mengecam dan menyesalkan tindakan represif oknum aparat kepolisian kepada kawan-kawan kami yang sedang menyampaikan aspirasi,” ujarnya.

Ketua DPRD Paser Hendra Wahyudi saat menerima aspirasi mahasiswa mengatakan bahwa pihaknya mendukung apa yang tuntutan mahasiswa.

“Revisi UU KPK dan RKUHP memang bukan wewenang kami di daerah, akan tetapi tuntutan dan aspirasi teman-teman mahasiswa kami akan sampaikan ke pemerintah pusat dan DPR RI,” kata Ketua DPRD. (dar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *