MULAWARMAN NEWS

Menanti Selama 3 Tahun, Akhirnya RS Muhammadiyah Resmi Beroperasi

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah bidang Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial dr H Agus Taufiqurrahman menandatangi prasasti RS Muhammadiyah Paser, Jum’at (8/9/2017)

M-News.id – Guna memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat Kabupaten Paser, Rumah Sakit (RS) Muhammadiyah Paser secara resmi dibuka pada acara Grand Opening yang berlangsung di halaman RS, Jum’at (8/9/2017)

Beroperasinya RS Muhammadiyah Paser yang memanfaatkan eks bangunan RS Panglima Sebaya Jalan dr Cipto Mangunkusumo, Kecamatan Tanah Grogot ditandai dengan pembukaan tirai plang nama RS oleh Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi dan penandatangan prasasti oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial dr H Agus Taufiqurrahman, Sp.S, M.Kes.

Turut hadir dalam Grand Opening RS Muhammadiyah yaitu Ketua DPRD Paser H. Kaharudin, perwakilan Kodim 0904 Tanah Grogot, perwakilan Pimpinan Muhammadiyah Kaltim serta pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Paser.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Paser H Suhrawardi dalam sambutannya mengatakan peresmian RS Muhammadiyah Paser ini bertepatan dengan milad Muhammadiyah.

“Mungkin untuk ukuran manusia, umur 108 tahun cukup tua, tapi untuk umur organisasi yang masih terbilang muda, karena masih banyak karya yang harus dilakukan,” kata Suhrawardi.

Berdirinya RS Muhammadiyah merupakan salah satu dari gerakan amal dari organisasi Muhammadiyah yang fokus pada masalah kesehatan.

“Alhamdulillah….dengan berdirinya RS Muhammadiyah Paser ini merupakan sumbangsih dari Muhammadiyah untuk bangsa dan negara,” ungkapnya.

Menurut Suhrawardi, proses perjuangan percepatan RS Muhammadiyah Paser yang memakan waktu selama tiga tahun tidaklah mudah.

“Rumah sakit ini merupakan rumah sakit perjuangan, karena sejak dimulainya proses pembentukan RS pada tanggal 17 November 2014, akhirnya hari ini RS Muhammadiyah pertama di Kaltim bisa terwujud,” ujarnya.

Dia berpesan RS ini harus dibesarkan dengan keikhlasan, cinta, kerja dan kebaikan hati sebagaimana moto Muhammdiyah Paser insan dan ikhlas.

“Semoga hadirnya rumah sakit ini dapat berguna untuk kemaslahatan masyarakat Paser,” pesannya.

Sementara itu, Bupati Paser Yusriansyah atas nama pemerintah daerah menyampaikan ucapan selamat atas beroperasinya RS Muhammadiyah Paser

“Kami mengucapkan selamat atas kerja keras keluarga, pengurus, anggota, dan keluarga besar Muhammadiyah Paser. Semoga dengan peresmian rumah sakit ini kita dapat mewujudkan Kabupaten Paser yang maju, mandiri, sejahtera dan berkeadilan,” kata Bupati.

Bupati Paser juga menyambut baik dengan kehadiran Rumah Sakit kedua yang beroperasi di Kabupaten Paser ini agar semakin memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Harapannya kedepan RS Panglima Sebaya dan RS Muhammadiyah Paser dapat bersinergi dan bersama-sama pemerintah daerah memberikan ruang lebih luas bagi masyarakat mewujudkan pemenuhan hak hak masyarakat di bidang kesehatan,” tutur Bupati.

Selepas acara pembukaan, para Muspida diajak berkeliling ke beberapa ruangan melihat kondisi RS Muhammadiyah Paser.
Salah satu ruangan yang dikunjungi yakni ruangan rawat pasien yang dibagi menjadi dua yaitu ruang perawatan bagi wanita dan ruang perawatan laki-laki yang pada saat acara grand opening digunakan untuk kegiatan sosial khitanan massal bagi warga tidak mampu.

Untuk diketahui, RS Muhammadiyah memiliki fasilitas Instalasi Gawat Darurat (IGD), pelayanan rawat jalan (poli umum, bidan, penyakit dalam, anak dan gigi), serta pelayanan rawat inap (rawat pelayanan laki dan wanita, nifas, bayi dan anak). (rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *