MULAWARMAN NEWS

Sekda Paser Minta Realokasi Dana Desa Tangani Covid-19

MNEWSKALTIM.COM, TANA PASER – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Paser Katsul Wijaya meminta agar dana desa bisa digunakan untuk penanganan penyebaran Coronavirus Disease atau Covid-19 di wilayah desa masing-masing.

Menurut Katsul, hal tersebut merujuk dari Surat Edaran Kemendes PDTT No. 8/2020 dan Surat Gubernur Kalimantan Timur Nomor 188.32/2059/DPMD tanggal 26 Maret tentang Desa Tanggap COVID-19 dan penegasan Padat Karya Tunai Desa.

“Kami harapkan bisa segera dilakukan perubahan dana desa untuk tindakan pencegahan penyebaran Covid-19,” kata Katsul Wijaya seusai rapat bersama perwakilan camat, Kepala Desa dan Ketua APDESI, Selasa (31/3/2020).

Dia menyebut, realokasi anggaran pada APBDEs untuk pembelanjaan bidang dan sub bidang lainnya menjadi bidang penanggulangan bencana, dan keadaan kedaruratan serta bidang pelaksanaan pembangunan desa.

“Termasuk langkah pemerintah desa dalam menangani dampak Covid-19 bagi masyarakat desa serta bidang pelaksanaan pembangunan desa untuk kegiatan padat karya Tunai (PKTD),” ungkapnya.

Katsul menambahkan, pemerintah desa wajib melakukan pemberdayaan masyarakat desa melalui kegiatan swakeloka dan pendayagunaan Sumber Daya Alam.

“Dalam pengelolaan padat karya tunai desa harus melibatkan pekerja yang berasal dari masyarakat miskin., sehingga ini juga dapat membantu di tengah wabah Covid-19,” ucapnya.

Bagi desa yang akan mempergunakan dananya untuk tanggap penanggulangan Covid -19, lanjutnya, maka dapat langsung melakukan perubahan penggeseran APBDes untuk memenuhi kebutuhan tanggap Covid-19.

“Seperti untuk sosialisasi Covid-19, pengadaan masker, hand santizer dan lainnya,” ucap Katsul.

Ketentuan itu diatur dalam peraturan dalam peraturan Menteri dalam negeri Nomor 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa. (adv/dkisp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *