MULAWARMAN NEWS

Sengaja Bakar Lahan untuk Berladang, 2 Pelaku Diamankan Polisi

Kedua pelaku berinisial J dan S yang berhasil diamankan Polsek Long Kali

M-NEWS.ID, Long Kali – Dua pelaku yang diduga timbulkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) diringkus jajaran Polsek Long Kali.

Niat membakar lahan untuk berladang akibatkan Karhutla dengan luas lahan terbakar mencapai 1 hektare. Pelaku kini diproses untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Pelaku adalah berinisial J dan S, warga Desa Putang Kecamatan Long Kali, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.

Kasus pembakaran lahan itu terjadi pada Rabu (18/9/2019) sekitar pukul 20.00 wita di Desa Putang RT 2 Kecamatan Long Kali.

Warga juga berjaga agar tidak merembet ke wilayah lain. Kemudian petugas Polsek Long Kali mendatangi lokasi dan menemukan kedua pelaku yang sedang membawa obor bambu yang diduga digunakan untuk membakar lahan.

Dari perbuatannya tersebut, pelaku mengakui perbuatannya dan menghanguskan sekitar 1 hektare lahan. Kedua pelaku langsung diamankan ke Mapolsek Long Kali untuk diproses.

Kapolres Paser AKBP Roy Satya Putra menyampaikan jajarannya kini sudah mengamankan pelaku untuk diproses karena menimbulkan kebakaran lahan tersebut.

“Pelaku diduga membakar lahan menggunakan obor bambu dan mengakibatkan kebakaran lahan sesuai yang dimaksud dalam pasal Pasal 50 ayat (3) huruf d dan pasal 78 ayat (3) Undang-Undang Nomor 41 tahun 1999 tentang Kehutanan,” kata Kapolres Paser.

Dia menambahkan, dari tempat kejadian perkara (TKP) pihaknya telah mengamankan sejumlah barang bukti dan memeriksa sejumlah saksi.

“Ini kami proses sesuai hukum, kami sudah memiliki barang bukti berupa obor dari bambu yang digunakan pelaku dan sebuah senter, serta telah memeriksa 3 orang saksi termasuk pelapor,” ungkapnya.

Kedua pelaku dihadapkan dengan ancaman pidana penjara paling lama 15 (lima belas) tahun dan denda paling banyak Rp 5 milyar. (*/dar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *