MULAWARMAN NEWS

Simbolis, KUD Rangan Jaya Dibantu Peremajaan Sawit

MNEWSKALTIM.COM, TANA PASER – Kelompok Usaha Desa (KUD) Rangan Jaya Desa Padang Jaya, Kecamatan Kuaro, terima bantuan peremajaan sawit dari Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia melalui Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser.

Dalam hal ini, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Paser. Dimana penyerahan bantuan ini dihadiri pihak Kementan RI secara virtual.

Saat dikonfirmasi, Kepala Disbunnak Kabupaten Paser DJoko Bawono menyampaikan, Paser adalah salah satu kabupaten yang ditunjuk untuk melaksanakan program yang lebih dikenal dengan Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) itu.

“Program ini dilaksanakan secara serentak se-nasional. Kabupaten Paser melalui KUD Rangan jaya menjadi salah satu kelompok yang ditunjuk untuk melaksanakn program PSR ini,”

Kepala Disbunnak Kabupaten Paser DJoko Bawono

Disampaikan hingga periode November 2021, pelaksanaan Program PSR di Kabupaten Paser telah mendapat persetujuan dari Dirjen Perkebunan Kementan RI Badan Pengelolan Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) seluas 7041 hektar dengan Total Anggaran mencapai 180 Miliar.

“Program PSR di Kabupaten Paser sampai saat ini yang sudah disetujui mencapai luasan 7 ribu lebih, total anggaran yang disiapkan mencapai 180 miliar. Semoga saja program ini bisa secepatnya dilaksanakan dan direalisasikan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Padang Jaya Dzikri Zulkarnaen mengatakan, pihaknya merasa terbantu dengan adanya program peremajaan sawit bagi para petani sawit.

“Tentu kami disini sangat terbantu dengan adanya program peremajaan sawit ini. Semoga saja, para petani lainnya bisa mengikuti,” harapnya, Minggu (7/11/2021).

Baca Juga :

Dijelaskan, pelaksanaan peremajaan sawit di desanya telah mencakup seluas 350 hektar. Dari total kebun plasma sawit seluas 720 hektar.

“Pelaksanaan peremajaan kelapa sawit sudah kali kedua saat ini, dengan luasan 350 hektar. Semoga untuk tahap ketiga nanti, sudah bisa mencakupi hingga seluruh kebun plasma yang ada di Desa Padang Jaya,” tandasnya. (sag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *