MULAWARMAN NEWS

Status Puji Setyowati, KPU tindak lanjuti Keputusan Bawaslu Kaltim

M-NEWS.ID, SAMARINDA – Di ruang kerjanya Ketua KPU Kaltim, Kamis (16/08/2018), Mohammad Taufik menjelaskan hasil Rekomendasi Bawaslu Kaltim dimana adanya gugatan Bakal Calon Anggota Legislatif Provinsi Kaltim daerah pemilihan Kota Samarinda atas nama Puji Setyowati.

KPU Kaltim sebelumnya memberikan keputusan pada yang bersangkutan Puji Setyowati tidak memenuhi syarat (TMS) sebagai Bacaleg dari partai Demokrat, karena tidak memenuhi syarat dimana yang bersangkutan belum mundur secara sah sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Kami sebelumnya memberikan keputusan Tidak memenuhi syarat (TMS) kepada ibu Puji Setyowati, karena status ASN. Beliau adalah Dosen di Poktek negeri samarinda dan belum melampirkan dokumen dokumen pendukung lainnya,” ungkapnya.

Dikatakan, yang bersangkutan memang sudah mengajukan surat pengunduran diri. Namun, belum ada keputusan yang mengikat dari instansi terkait bahwa surat pengunduran diri sedang berproses dari pimpinan. Padahal, keputusan dari instansi terkait menjadi syarat yang harus di penuhi.

“Kemudian, yang bersangkutan melakukan gugatan ke Bawaslu Kaltim. Dari hasil mediasi di Bawaslu ada rekomendasi bahwa yang bersangkutan boleh melanjutkan proses pencalegan, dan di beri waktu melengkapi kelengkapan syarat yang masih kurang hingga sampai H-1 penetapan daftar Caleg Tetap (DCT). Atas keputusan tersebut, KPU Kaltim menindaklanjuti dengan mengganti statusnya yang tadi Tidak memenuhi Syarat (TMS) menjadi Memenuhi syarat (MS),” jelasnya.

Selain Puji Setyowati KPU Kaltim pun mengubah status Caleg Partai Demokrat lainnya dari dapil 6 (Bontang, Kutim, Berau) yaitu saudara Anwar dari TMS menjadi MS, untuk Anwar sendiri masalah di ijasah, ijasah yang bersangkutan sempat terbawa pada saat waktu Verifikasi di KPU dan KPU telah mengklarifikasi kepada yang bersangkutan dan memenuhi syarat. (esa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *