Sen. Feb 17th, 2020

MULAWARMAN NEWS

Akurat , Inspiratif & Kredibel

Study Tour STIPER Muhammadiyah Tanah Grogot, Malang dan Samarinda Jadi Sasaran Pembelajaran

2 min read

MNEWSKALTIM.COM, TANA PASER – Guna pengaplikasian materi pembelajaran secara langsung di lapangan, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER) Muhammadiyah Tanah Grogot melaksanakan Study Tour ke dua kota berbeda yakni Malang dan Samarinda pada 31 Januari hingga 3 Februari 2020.

Study tour yang dibagi menjadi dua rombongan tersebut sebagai ajang proses belajar bagi mahasiswa di luar kelas agar menjadikan mahasiswa tidak hanya menguasai materi pelajaran saja tetapi dapat mengaplikasikan materi pelajaran seiring dengan perkembangan zaman dari waktu ke waktu yang terus berubah.

Wakil Ketua I sekaligus Koordinator Rombongan Studi Tour ke Kota Malang Firdaus mengatakan program Study Tour Tahun 2020 STIPER Muhammadiyah Tanah Grogot bertujuan agar mahasiswa mengetahui sistem pengelolaan Agrowisata, Agribisnis dan Agroindustri yang terintegrasi dalam 1 kawasan.

“Untuk integrasi Sistem Pengelolaan Agrowisata, Agribisnis dan Agroindustri, dimana mahasiswa dapat belajar terkait bisnis di bidang pertanian,” kata Firdaus.

Selama dalam kunjungan di Kusuma agrowisata Malang Jawa Timur, lanjut nya, mahasiswa juga mendapatkan pengajaran tentang Wisata Edukasi.

“Dimana selain menjadi destinasi wisata, sebagian hasilnya dapat dijual segar atau diolah menjadi berbagai produk seperti minuman sari apel, cuka apel, kripik apel, dan jenang apel,” ucapnya.

Sementara diwaktu yang sama di tempat yang berbeda Rombongan Studi Tour di Kota Samarinda, tepatnya berkunjung ke Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kaltim dan kemudian dilanjutkan ke Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman (Unmul).

Rombongan Mahasiswa STIPER Muhammadiyah Tanah Grogot diterima langsung oleh Pembantu Dekan III Dr. Ahmad Zaini beserta pengurus Faperta Unmul dan dilanjutkan ke kunjungan laboratorium yang ada di Unmul.

“Diharapkan Program studi tour ini mampu membuat mahasiswa bisa lebih maju dalam berpikir dan membuat gebrakan untuk kemajuan pertanian di Kabupaten Paser, ” kata Maryam Abu Bakar ketua Jurusan Agribisnis STIPER Muhammadiyah Tanah Grogot sekaligus koordinator rombongan Studi Tour ke Samarinda. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.