MULAWARMAN NEWS

Sukses Jalankan KAT, Perwakilan 28 KAT se-Indonesia akan Belajar ke Paser

M-News.id – Terbilang sukses dalam upaya mewujudkan kehidupan masyarakat mandiri dan sejahtera melalui pelaksanaan program Komunitas Adat Terpencil (KAT) di dusun Sekulit Desa Munggu Kecamatan Long Kali, membuat Kementerian Sosial RI melirik Kabupaten Paser sebagai tujuan kunjungan 28 KAT se-Indonesia pada pertengahan bulan mei ini.

Kepala Bidang Pemberdayaan pada Dinas Sosial Kabupaten Paser Sosial Ningsih memastikan bahwa kunjungan ini dijadwalkan berlangsung pada bulan ini.

“Iya hari Jumat 19 Mei 2017 ini kita akan menerima kunjungan Kementrian Sosial dan sekitar 28 daerah KAT se-Indonesia di Desa Munggu, Kecamatan Long Kali,” kata Ningsih

Pola pemberdayaan yang dilakukan di KAT Desa Munggu, menurut Ningsih dipandang berhasil oleh pemerintah pusat, karena masyarakatnya yang dulunya terasing, kini secara bertahap sudah mulai sejahtera, mandiri dan berinisiatif menggali potensi lokal.

“Kementrian Sosial melihat hasil pelaksanaan KAT di Desa Munggu sudah sangat layak disebut masyarakat mandiri, apalagi melihat besarnya dukungan pemerintah daerah serta kemampuan masyarakatnya mensejahterakan kehidupan mereka dengan memanfaatkan potensi lokal,” ungkapnya.

Guna mensukseskan kunjungan tersebut, lanjut Ningsih, Bupati Paser sangat menyambut baik dan telah melakukan pertemuan dengan Kemensos.

“Pak Bupati mewakili pemerintah daerah menyatakan kesiapannya agar kegiatan ini berjalan dengan baik, salah satunya dengan mengadakan pertemuan dengan Kemensos beberapa waktu yang lalu untuk mematangkan persiapan, seperti akan ada penyerahan alat pertanian kepada masyarakat” tambahnya.

Seperti diketahui, program KAT merupakan amanat Peraturan Presiden Nomor 186 Tahun 2014 tentang Pemberdayaan Sosial Komunitas Adat Terpencil adalah program terpadu dengan melibatkan Kemensos RI, Dinas Sosial Provinsi, Dinas Sosial Kabupaten, Perguruan Tinggi, dan beberapa instansi lain. Program ini diharapkan mampu mewujudkan semangat NAWACITA Presiden Joko Widodo untuk membangun Indonesia dari kawasan pinggiran dengan memperkuat daerah – daerah terpencil.

Saat ini di Paser memiliki 2 KAT, yaitu KAT Dusun Sekulit Desa Munggu, Kecamatan Long Kali yang programnya sudah dimulai sejak 2012 dengan sasaran 55 Kepala Keluarga dan KAT Dusun Pasero Desa Kerang Dayo Kecamatan Batu Engau yang dimulai tahun 2015 dengan sasaran 57 Kepala Keluarga, yang saat ini masih dalam proses pembangunan pemukiman. (adv/rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *