MULAWARMAN NEWS

Sukses Kampanye Emak Melek Politik, Perempuan Candradimuka Rambah Kampanye Kesehatan Reproduksi

M-NEWS.ID, Tangerang – Setelah serangkaian safari kampanye bertema “Emak-emak melek politik” untuk kalangan ibu-ibu dan perempuan latar belakang ekonomi menengah ke bawah beberapa bulan lalu, kini perempuan candradimuka kembali merambah kampanye bertema “Kesehatan Reproduksimu, Aset Bahagiamu”.

Bekerjasama dengan salah satu kelompok KKN dari UIN Syarif hidayatullah Jakarta bernama KKN Labdagati, Perempuan candradimuka melakukan penyuluhan kesehatan reproduksi bagi perempuan dan remaja desa Pagedangan Udik, Kronjo, Kabupaten Tangerang (04/08/2018)

Dalam penyuluhan kesehatan reproduksi sabtu lalu, ketiga inisiator Perempuan Candradimuka turun langsung menyuarakan betapa pentingnya mengenali dan memahami kesehatan reproduksi sejak dini. Karena jika kesehatan reproduksi dipahami sejak dini, maka akan mudah menjaganya.

Megawaty selaku Founder Perempuan candradimuka asal Jakarta menegaskan bahwa setiap tahunnya penyakit menular seksual meningkat, dan lebih cenderung menimpa perempuan. Dan disayangkan terdeteksinya penyakit tersebut ketika penyakit itu berada di stadium atas.

“Itu artinya terdapat kelambatan informasi mengenai kesehatan reproduksi sejak dini sebagai bentuk pencegahan pms yg sangat tidak diinginkan” katanya.

Sementara itu Momba Donna Sari Lubis, juga menambahkan bahwa masyarakat sering menganggap tabu hal-hal yang berkaitan dengan pengenalan organ reproduksi dan hal-hal semacam itu.

“Salah kaprah masyarakat dan pandangan tabu saat membicarakan kesehatan reproduksi adalah masalah besar untuk pencegahan pms di kalangan masyarakat, khususnya pada masyarakat awam,” tutur inisiator asal Depok itu.

Sintia Aulia Rahmah yang merupakan Founder asal Tangerang mengatakan, disamping penyuluhan secara persuasif tentang kesehatan reproduksi, pendekatan agama bisa menjadi salah satu alternatif pendekatan yang dapat memberi rambu-rambu pada seks bebas yang menjadi pemicu permasalahan kesehatan reproduksi.

Para inisiator Perempuan Candradimuka ini juga sepakat bahwa kampanye kesehatan reproduksi ini harus konsisten dilakukan karena peningkatan penyakit yang berujung kematian itu adalah salah satu permasalahan kaum perempuan yang serius. Sukses menggelar kampanye serupa di tahun 2017 silam. Kini Perempuan Candradimuka akan melanjutkan program ini ke depan.

“Kami sudah pernah melakukan kampanye seperti ini dikalangan remaja dan disambut baik oleh kalangan sekolah di kabupaten Tangerang. Mungkin sekarang, fokusnya kita naikkan sedikit level sasarannya menjadi perempuan secara umum. Jadi mencakup rentang usia remaja dan dewasa juga,” tambah ketiga Founder PC tersebut. (esa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *