MULAWARMAN NEWS

Sukseskan Program Sejuta Rumah Jokowi, Sekda Hadiri RP3KP

M-News.id – Demi langkah awal mensukseskan program sejuta rumah Presiden Joko
 Widodo Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Aji Sayid Fathur Rahman menghadiri Rapat Koordinasi Pemahaman, Urgensi dan Penyusunan RP3KP serta forum sinkronisasi pendataan provinsi Kalimantan Timur tahun 2017 di Samarinda Senin (24/7).
Bertempat di aula Bumi Senyiur Acara ini dibuka Oleh Asisten II Setprov Kaltim, Ihwansyah dan berlangsung selama tiga hari ini turut hadir oleh Asisiten Ekonomi Setdakab Paser Karoding, dan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Paser Hadijah.
Sekda Paser Fathur Rahman menegaskan, kegiatan ini sangat penting dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan dan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Pemukiman (RP3KP) ini secara serius, guna mengetahui langkah-langkah terkait seberapa persentase kesenjangan antara perumahan yang dibangun dengan jumlah yang dibutuhkan warga Paser saat ini”.
Sisi lainAsisten Ihwansyah menyambut berharap langkah tersebut dapat menyamakan persepsi antar Pemprov dengan Pemkab serta Pemkot. Sehingga bisa dilakukan pendataan yang baik guna mewujudkan program sejuta rumah secara nasional, bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).
Pada kesempatan ini, dilakukanpenandatangan nota kesepahaman atau MoU antara Pemkab dan Pemkot dengan Pemprov Kaltim sebagai bentuk dukungan guna menyukseskan rencana pengembangan dan pembangunan perumahan kawasan pemukiman (RP3KP) se-Kaltim.
“Jadi dengan ditandatanganinya MoU RP3KP, ada kerangka dasar dan menjadi acuan bagi Perangkat Daerah yang baru terbentuk. Tahap pertama tentu pendataan, kita samakan datanya, kemudian analisa, dan rencanakan kapan menyelesaikan, 10 tahun atau 20 tahun,” jelas Ikhwansyah.
Terkait hal Ini, Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Provinsi Kaltim La Usman mengungkapkan MoU ini merupakan awal komitmen dalam membangun perumahan yang berkesinambungan di Kaltim. Pemerintah daerah (Pemda) perlu melakukan grand design (rancangan besar) pemukiman. Menurutnya pembagunan perumahan harus sejalan dengan sektor lain. Supaya terjadi sinkroniasi dan harmonisasi dalam visi misi tujuan pembangunan khususnya RP3KP. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *