MULAWARMAN NEWS

Swab Massal Gugus Tugas di Perbatasan Paser, Jaring Pedagang Lintas Provinsi Positif Corona

Pemeriksaan di Pos Pantau Covid-19 Kabupaten Paser di wilayah Kecamatan Batu Engau

MNEWSKALTIM.COM, TANA PASER – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Paser terus gencar melakukan upaya pencegahan penyebaran virus Corona di Kabupaten Paser.

Salah satunya dengan melaksanakan swab massal di wilayah perbatasan Kabupaten Paser dengan Kalimantan Selatan. Dari hasil itu, setidaknya tercatat ada 9 kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Paser, Amir Faisol menyampaikan, pada Sabtu (18/7/2020) terdapat satu kasus pedagang asal Kalsel yang terkonfirmasi positif di Paser.

“PSR 61 seorang perempuan berusia 47 tahun dan merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG) memiliki KTP Hulu Sungai Selatan Kalsel tapi ada tempat tinggal di Kecamatan Batu Sopang,”

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Paser, Amir Faisol, Sabtu (18/7/2020) malam

Diketahui, pedagang keliling tersebut, menurut Amir, menjalani pemeriksaan swab di perbatasan Kecamatan Muara Komam, Kaltim dengan Kalsel pada tanggal 8 Juli 2020.

“PSR 61 terkonfirmasi dengan hasil positif. Saat ini menjalani isolasi di rumah Isolasi eks RSUD Panglima Sebaya Tanah Grogot,” terang Amir.

Sebelumnya, pada hari yang sama, Gugus Tugas juga mengumumkan hasil pemeriksaan swab massal yang laksanakan sejak 8 Juli 2020 dengan sasaran pedagang dan warga Kabupaten Paser yang mau kembali ke Kabupaten Paser.

Baca Juga :

Dari pelaksanaan kegiatan tersebut, Gugus Tugas Covid-19 Paser mendapati beberapa pedagang asal Kalimantan Selatan memiliki hasil Swab Positif.

Amir mengaku dari 101 sampel, hasil pemeriksaan Jum’at (17/7/2020) oleh laboratorium terdapat 8 pedagang yang memiliki hasil terkonfirmasi Positif dan seluruhnya telah di pulangkan dengan penanganan oleh tim medis daerah Kalsel.

“Dengan ditemukannya 8 kasus positif tersebut, Gugus Tugas Covid-19 Paser lalu berkoordinasi dengan Gugus Tugas Provinsi Kalimantan Selatan untuk penanganan pedagang yang terkonfirmasi positif,” jelasnya.

Amir pun berharap, masyarakat dapat lebih disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dengan rajin mencuci tangan, menjaga jarak serta menggunakan masker.

“Karena dengan menjalankan protokol kesehatan, bisa menjadi tekad kita agar dapat bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (adv/dkisp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *