MULAWARMAN NEWS

Tekan Angka Golput, KPU Ajak Semua Elemen Sukseskan Pilgub Kaltim

M-NEWS.ID, SAMARINDA – Guna menekan angka golput di Kalimantan Timur, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Timur terus gencar melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltim, salah satunya kegiatan Sosialisasi yang dilaksanakan di Desa Budaya Pampang Samarinda Provinsi Kaltim, Selasa (15/5/2018).

Ketua KPU Kaltim Muhammad Taufik mengatakan saat ini angka partisipasi pemilih di Kaltim saat ini masih berada dipersentase 60 persen.

“Kami menargetkan pada Pilgub 27 Juni 2018 mendatang, jumlah partisipasi pemilih Kaltim bisa meningkat mencapai 80 persen dari total jumlah daftar pemilih tetap sekitar 2.329.657 jiwa,” kata Muhammad Taufik.

Menurut Taufik, tugas itu tidak hanya menjadi peran KPU Kaltim. Namun, hal itu juga mendapat dukungan oleh seluruh masyarakat.

“Dengan menyasar langsung ke komunitas-komunitas budaya di Desa Dayak Pampang ini dan membangun sinergisitas yang kuat.” tuturnya.

Selain itu, tambahnya, mahasiswa yang dikenal memiliki kecerdasan memiliki tugas untuk mendorong partisipasi politik masyarakat pada tiap kegiatan demokrasi pemilu.

“Mahasiswa sebagai bagian dari kontrol sosial, memiliki misi yang sama untuk memberantas golput,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Himpunan Mahasiswa Administrasi Negara (Himanega) Fisip Unmul, Risky yang turut hadir dalam sosialisasi tersebut mengungkapkan bahwa para mahasiswa siap membantu KPU menurunkan angka golput pada pilgub Kaltim 2018.

“Melihat tingginya Golput membuat kami tergerak untuk mendukung KPU Kaltim menyosialisasikan tahapan pemilu pada Pilgub tahun ini,” kata Risky yang biasa disapa Arek.

Dia juga menuturkan, bahwa komitmen mereka bukan hanya pada Pilgub, tetapi juga pada pemilihan legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) di tahun 2019.

“Sudah saatnya masyarakat menentukan pilihannya untuk memilih kepala daerah Kaltim kedepan dan memilih calon legislatif serta presiden pada tahun 2019 mendatang,” tuturnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *