MULAWARMAN NEWS

Terapkan Terobosan Berbasis Android, Siswa SMA Muhammadiyah Tanah Grogot Kerjakan Ujian Pakai Smartphone

M-NEWS.ID, Tana Paser – Tuntutan zaman semakin ketat, serta pemanfaatan dunia digital memacu Sekolah Menengah Atas (SMA)  Muhammadiyah Tanah Grogot Kabupaten Paser, Kalimantan Timur mengerjakan ujian semester menggunakan smartphone berbasis android.

Dari pantauan M-News.id, suasana berbeda terlihat saat pelaksanaan ujian semester kali ini di SMA Muhammadiyah Tanah Grogot di Jalan Pangeran Menteri. Para siswa di kelas tampak serius menggunakan smartphone miliki mereka. Bukan sedang berselancar di dunia maya atau bermain game online,  akan tetapi mereka tampak serius mengerjakan soal – soal pilihan ganda melalui smartphone.

Secara teknis ujian kali ini tidak jauh berbeda dengan ujian pada umumnya.  Namun yang membedakan hanya media yang di gunakan untuk mengerjakan soal.  Berbekal semangat ingin maju TIM IT SMA Muhammadiyah memanfaatkan kemajuan teknologi dengan mengadakan ujian berbasis a9ndroid.

“Untuk teknis pelaksanaan pada prinsipnya siswa harus terhubung ke jaringan nirkabel yang di sediakan oleh sekolah lalu mengerjakan soal mata pelajaran yang di ujikan,” kata Riduan salah seorang guru.

Ia melanjutkan,  selain lebih memudahkan para siswa mengerjakan soal yang hanya tinggal klik jawaban yang dirasa benar.

“Dengan menggunakan aplikasi ujian di smartphone para siswa juga tidak bisa membuka slide selain soal dari mata pelajaran yang di ujikan sehingga para siswa juga tidak bisa membuka pencarian di google,” tuturnya.

Dia menambahkan, para siswa akan lebih fokus dalam mengerjakan soal – soal yang di ujikan, selain itu juga soal – soal yang tampil di smartphone setiap siswa akan teracak otomatis oleh aplikasi.

“Koneksi yang terhubung di Smartphone siswa tidak memiliki akses internet, sehingga saat login dan mengerjakan soal mereka tidak bisa membuka aplikasi apapun selain aplikasi ujian,” tambahnya. (*/rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *