MULAWARMAN NEWS

Tingkatan Kualitas SDM, Pemkab Paser Lanjutkan Kerjasama dengan Polnes Samarinda

MNEWSKALTIM.COM, TANA PASER – Bupati Paser dr Fahmi melakukan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) antara Pemerintah Kabupaten Paser dengan Direktur Polnes Ramli di Rektorat Polnes Samarinda, Rabu (22/9/2021).

Adapun bentuk kerjasama yang dilakukan merupakan kelanjutan program Polnes Paser yang selama ini menjadi program Pendidikan Diluar Domisili (PDD) Polnes Samarinda yang akan berakhir pada Desember 2021 mendatang.

Bupati Paser dr Fahmi Fadli mengatakan, bidang  pendidikan menjadi salah satu sasaran strategis dalam visi misi Kabupaten Paser tahun 2021-2026 yaitu Paser MAS, Maju Adil dan Sejahtera.

“Penandatangan MoU Pemkab Paser dan Polnes Samarinda, kegiatan ini adalah upaya mempertajam misi yakni Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia yang Berdaya Saing,”

Bupati Paser dr Fahmi Fadli

Bupati menambahkan pada tahun 2019, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Paser berada pada angka 72,29 sedangkan pada tahun 2020 terjadi penurunan pada angka 72,04.

“IPM yang merupakan Indikator untuk mengukur kualitas manusia di suatu daerah, termasuk di Paser, maka kami optimis kedepan IPM ini dapat meningkat,” tegas Fahmi.

Mewujudkan masyarakat yang  sejahtera, dipengaruhi oleh tiga hal yang berdampak pada proses pembangunan manusianya serta tidak terlepas dari seberapa besar kualitas manusia di Kabupaten Paser.

“Kita juga menyadari, pelayanan pendidikan merupakan kebutuhan mendasar selain pelayanan kesehatan, pelayanan publik dan lainnya. Karena selain membangun infrastruktur, daerah juga harus membangun suprastrukturnya,” ujarnya.

Peningkatan sumber daya manusia lanjut Bupati, sangat penting sebagai aset dan modal dalam pembangunan daerah dan salah satu langkah ril untuk mewujudkan hal tersebut adalah melakukan kesepakatan untuk bekerja sama meliputi bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Sumber daya manusia menjadi objek vital dalam membangun daerah. Untuk itu, kerjasama bidang pendidikan ini menjadi sangat penting dan strategis bagi sebagai upaya meningkatkan sumber daya manusia yang berdaya saing,” sebutnya.

Baca Juga :

Fahmi juga berharap jalinan kerja sama ini dapat membangun sinergi untuk meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat Kabupaten Paser yang menimba ilmu di Politeknik Negeri Samarinda.

“Kepada mahasiswa Paser yang kini kuliah di Politeknik Negeri Samarinda, maupun di daerah lain, Pemerintah akan terus memberikan dukungan. Dengan harapan lulus tepat waktu, lulusan berdaya saing, dan berkontribusi kepada daerah,” pesannya.

Sementara, Direktur Polnes Ramli menyampaikan Polnes saat ini memiliki 25 program studi, 10 jurusan, total mahasiswa 5,188 orang, dan kurang lebih 87 persennya putra-putri Kaltim.

“Kerjasama ini bentuk nyata Polnes untuk dapat meningkatkan kualitas yang terbaik bagi SDM di Kaltim khususnya Paser,” katanya.

Dia mengatakan Polnes telah membuka tiga pendidikan diluar domisili yang salah satunnya dengan Polnes Paser. Polnes juga terlibat dalam mencetak SDM yang unggul dan berkualitas di berbagai bidang.

“Penyelenggaraan program PDD Polnes sebagai kampus induk senantiasa proaktif dalam melakukan pendampingan, pembinaan maupun pengawasan,” kata Ramli. (*/rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *