Tour Library Kaltim 2022 di Paser, Duta Baca Indonesia Gol A Gong Ingatkan Pentingnya Literasi di Era Digital

MNEWSKALTIM.COM, PASER – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Perpusip) Kaltim bersama Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kaltim menggelar Tour Library Kaltim 2022.

Gelaran yang berlangsung sejak 20 hingga 24 Juni 2022 itu mengunjungi 5 Kabupaten/Kota se Kaltim seperti Samarinda, Kutai Kertanegara, Balikpapan, Penajam Paser Utara dan terakhir Paser.

Selama di Kabupaten Paser, kegiatan salah satunya diisi seminar budaya membaca yang menghadirkan narasumber Duta Baca Indonesia, Gol A Gong, Rabu (22/6/2022).

Duta Baca Indonesia yang juga seorang penulis, Gol A Gong memberikan motivasi kepada pegiat literasi di Paser dengan gaya pemaparan yang santai, humoris, dan selingi interaksi ringan ke audiens yang berasal dari kalangan guru dan mahasiswa.

Sebelum pemaparan, Gol A Gong juga memberikan dua buah buku kepada audiens yang awalnya sedikit ragu menerima buku karena mengira akan diberikan tantangan terlebih dahulu oleh penulis yang pernah bekerja diberbagai stasiun tv swasta nasional sebagai kepala kreatif itu.

Dalam kesempatan tersebut, pria kelahiran Purwakarta 15 Agustus 1963 silam itu mengingatkan pentingnya memiliki ilmu dalam meningkatkan potensi diri.

“Ketika kita melakukan sesuatu maka harus menggunakan ilmu,”

Gol A Gong

Menurut pemilik nama asli Heri Hendrayana Harris, banyak kisah orang sukses dari seluruh dunia, seperti para penemu-penemu terkenal mulai menemukan berbagai pengetahuan dari hobi membaca.

“Seperti Newton membaca gejala alam dari apel jatuh, lalu penemu mesin cuci yang awalnya tidak berhasil, lalu belajar baling-baling dibawah kapal yang membuat kapal memutar dan jalan,” ucapnya.

Penulis Novel Balada Si Roy juga menekankan pemanfaatan literasi digital yang semakin berkembang pesat, terlebih Paser digadang akan menjadi Kota Satelit di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada tahun-tahun mendatang.

“Kalau sekarang kita tidak cakap digital atau digunakan untuk hal-hal negatif, maka kita akan terpinggirkan,” paparnya.

Baca Juga :

Ditambahkannya, generasi sekarang harus siap masuk dalam dunia literasi digital. Dia mengatakan kedepan ada ratusan jenis pekerjaan yang akan hilang dan tergantikan oleh digital.

“Ada 700 jenis pekerjaan yang itu semua akan tergantikan oleh metaverse, robot, atau digital,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ada jenis pekerjaan yang tidak akan hilang yaitu menulis. Gol A Gong mengatakan menulis itu tidak hanya tentang menulis novel, tetapi bisa memanfaatkan berbagai platform digital.

“Dari membaca juga harus menghasilkan produk dan jasa. Setiap membca buku harus dituliskan kembali sehingga menghasilkan literasi kesejahteraan,” kata Gol A Gong.

Dalam perjalanan Tour Library Kaltim 2022, Perpusip Kaltim juga bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan Kearsipan dan GPMB Kabupaten/Kota menghadirkan berbagai kegiatan.

Adapun kegiatannya, diantaranya Workshop Pembuatan Novel, Workshop Big Book, Seminar Literasi, Coaching Clinic, Motivasi Literasi, Pagelaran Dongeng, Literasi Budaya Lokal, Workshop Menulis Cerita Perjalanan.

Selain itu, Mobil Perpustakaan Keliling dari 9 Kabupaten/Kota mengiringi perjalanan Tour Library Kaltim 2022 untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat serta meningkatkan kegemaran membaca.(rh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.