MULAWARMAN NEWS

VIDEO : Rekapitulasi Suara di Kubar dan Mahulu Berjalan Lancar

M-NEWS.ID, KUBAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) dan Mahulu menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara tingkat Kabupaten dalam agenda pemilihan Gubernur dan Wakil Hubernur Kalimantan Timur (Kaltim).

Acara ini digelar di Balai Pertemuan Umum (BPU) Tana Purai Ngeriman Komplek Perkantoran Pemerintahan, Kamis (5/7/2018).

Kepada media ini, Moh Syamsul Hadi mengatakan, rekapitulasi perhitungan suara dilakukan mencakup 16 Kecamatan di wilayah Kubar.

“Enam belas kecamatan itu adalah Kecamatan Barong Tongkok, Sekolaq Darat, Melak, Linggang Bigung, Long Iram, Tering, Nyuatan, Mook Manar Bulatn, Penyinggahan, Muara Lawa, Muara Pahu, Siluq Ngurai, Jempang, Bongan, Damai dan Kecamatan Bentian Besar,” urai Syamsul.

Sedangkan kegiatan rekapitulasi suara di Kabupaten Mahakam Ulu kendati berada dilokasi yang jauh dan sulit diaksesberjalan lancar, Kamis (5/7/2018). Hal tersebut disampaikan Komisioner KPU Kaltim M Syamsul Hadi saat mengahadiri rapat pleno rekapitulasi di daerah tersebut.

“Akses mudah. Kegiatan rekapitulasi berjalan dengan lancar,” kata Pria yang akrab disapa Syamsul.

Dia mengatakan, posisi Kabupaten Mahulu cukup jauh sehingga membutuhkan waktu sekitar 9 jam menempuh perjalanan darat hingga ke pelabuhan Tering.

“Setelah sampai di pelabuhan Tering, perjalanan menuju Kantor KPU Mahulu di Long Bagun dilanjutkan dengan menempuh waktu sekitar empat jam setengah,” ujarnya.

Dia menambahkan, setiap proses rekapitulasi di setiap Kabupaten dirasa sangat penting dan sudah menjadi prosedur tetap keabsahan hasil rekapitulasi pemilih.

“Tahapan rekapitulasi ini wajib diplenokan di tingkat Kabupaten dan ditandatangani satu komisioner KPU dari provinsi,” tambahnya.

Dalam pelaksanaan pilgub Kaltim di Kabupaten Mahulu pada 27 Juni 2018, Dia menjelaskan pengguna hak pilih laki-laki sebanyak 7.112 dan perempuan 6.508 pemilih.

“Dari data yang telah direkap oleh kawan-kawan KPU Mahulu, persentase berada di 63 persen,” imbuhnya.

Untuk diketahui, jumlah pemilih tetap (DPT) untuk Kabupaten Mahulu sesuai jenis kelamin yakni pada laki-laki sebanyak 11.326 sedangkan Perempuan 9.842 dengan total pemilih 21.170.

Sementara perolehan suara masing-masing Paslon di Kabupaten Mahakam ulu yakni, Paslon nomor satu Sofyan Hasdam-R – Rizal Efendi memperoleh sebanyak 404 suara, lalu Paslon nomor dua Jaang – Ferdi 7.434 suara, kemudian Paslon nomor 3 Isran Noor – Hadi Mulyadi sebanyak 2.748 suara dan Paslon nomor empat Rusmadi Safaruddin sebanyak 2.917 suara. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *