MULAWARMAN NEWS

24 Wartawan Kaltim Lulus Uji Kompetensi

Para wartawan saat mengikuti UKW yang diadakan oleh PWI Kaltim di Samarinda

M-NEWS.ID, Samarinda – Sebanyak 24 Wartawan dari berbagai daerah di Kaltim dinyatakan lulus dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltim, PWI Pusat dan Dewan Pers, di Samarinda, 27-28 Juli 2019.

Dalam UKW ini panitia menghadirkan empat orang penguji. Endro S Efendi yang merupakan Ketua PWI Kaltim, penguji dari PWI Pusat sekaligus Komisi Tetap Anugerah Adinegoro, dan , Zainal Helmi Ketua PWI Kalsel , dan Reva Rian Ketua PWI Jawa Barat.

“Dari 24 peserta UKW hasilnya menggembirakan. Selamat, Anda lulus,” kata Refa Riana, penguji dari PWI Pusat saat menutup kegiatan UKW tersebut.

Dia menjelaskan ada 18 wartawan jenjang muda dan 6 wartawan jenjang utama yang mengikuti UKW ke-15 yang digelar PWI Kaltim selama kepengurusan Endro S Efendi. dengan berbagai materi yang diujikan.

“Materi yang diujikan dalam UKW yakni tentang kode etik dan profesionalitas wartawan, perencanaan penulisan berita, wawancara, hingga jejaring narasumber, ” tuturnya.

Dia menyebut ada yang berbeda dalam UKW kali ini, yaitu Wartawan harus mengetahui Penulisan Pemberitaan Ramah Anak (PPRA). Semua pemberitaan kekerasan yang menyangkut identitas anak, baik sebagai korban, pelaku, atau saksi, tidak boleh dicantumkan identitasnya dalam pemberitaan.

“Makanya 5 W + 1 H tidak berlaku dalam pemberitaan kekerasan yang menyangkut anak. Lex Spesialis UU Pers harus tunduk pada ketentuan ini,” kata Reva.

Ketua PWI Kaltim Endro S Efendi mengapresiasi kepada 24 wartawan yang telah mengikuti UKW. Ia berharap wartawan yang belum mengikuti UKW, dapat mengikuti UKW yang diselenggarakan PWI maupun organisasi wartawan lainnya.

“Saya ucapkan selamat kepada wartawan yang lulus dalam UKW ini. Harapannya wartawan lain menyusul,” ujar Endro.

UKW ini terselenggara berkat kerjasama PWI Kaltim dengan PT Pupuk Kaltim dan PT Pertamina Hulu Mahakam. (sas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *