MULAWARMAN NEWS

3 Napi Kabur Berhasil di Tangkap, 1 Masih DPO

(M-News.id) – Tim Gabungan, yang terdiri dari personil Polres Paser dan Petugas Rutan Kelas IIB Tanah Grogot telah berhasil menangkap tiga orang dari empat narapidana/tahanan yang kabur.

“Dari empat narapidana/tahanan yang kabur pada Minggu (5/3) dinihari kemarin, tiga orang telah berhasil ditangkap kembali oleh personil gabungan Polres Paser dan petugas Rutan,” ungkap Kepala Rutan Husni Thamrin, Senin (6/3).

Ketiga narapidana/tahanan kabur yang berhasil ditangkap kembali itu, lanjutnya, seperti Sabir (35), Yudi Effendi (32) dan Syahrani (35). Dimana, ketiganya diamankan dalam waktu dan lokasi yang berbeda.

“Yang paling pertama tertangkap, adalah Sabir di Terminal Lama Desa Tepian Batang sekira pukul 05.30 Wita, Minggu (5/3). Kedua, adalah Yudi Effendi di Kilometer 4 Tanah Grogot, sekitar Pukul 21.45 Wita, Minggu (5/3). Ketiga, adalah Syahrani, sekira Pukul 16.45 Wita, Senin (6/3),” ucapnya.

Dikatakan, Syahrani tertangkap oleh personil gabungan saat bersembunyi di salah satu rumah kosong yang terdapat di sekitar Rutan Kelas IIB Tanah Grogot. “Saat ditemukan oleh petugas Rutan, Syahrani tidak melakukan perlawanan. Dan berikutnya, langsung dibawa kembali ke Rutan,” ujarnya.

Sedangkan untuk penangkapan Yudi Effendi, Ia menerangkan, dirinya tidak dapat menjelaskan secara rinci. Pasalnya, penangkapan dilakukan oleh personil Polres Paser. “Untuk Yudi Effendi, personil Polres Paser yang menangkap. Namun, saat ini Yudi Effendi sudah diserahkan kembali ke Rutan,” paparnya.

Sebagimana diketahui, pada Minggu (5/3) dinihari kemarin, sebanyak 4 narapidana/tahanan kabur atau melarikan diri dari Rutan Kelas IIB Tanah Grogot setelah memotong besi teralis di atas kamar mandi/wc Blok Orientasi IV. Kemudian, keempat Narapidana/Tahanan naik keatas menjebol plafon dan atap.

Setelah diatas atap Blok Orientasi 5, mereka menuju ke atap ruangan keamanan/KPR. Berikutnya, mereka berempat melewati pagar pembatas menuju Pos IV. Setelah berada diatas Pos IV, mereka loncat kebawah dan langsung lari menuju hutan di balik tembok pembatas Rutan, dengan mengambil arah yang berbeda-beda.

Adapun keempat narapidana/tahanan kabur tersebut, ialah sebagai berikut:

1. Yudi Effendi Bin Sudak (alm), 32 tahun, WNI/Jawa, Narkotika/114 ayat (1) Sub 112 Ayat (1) UURI Nomor 35/2009, narapidana (8 tahun), Desa Bangun Mulyo RT 10 Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara. (sudah tertangkap)

2. Syahrani Bin Muin (alm), 35 tahun, WNI/Bugis, Narkotika/114 Ayat (1) Sub 112 Ayat (1) UURI Nomor 35/2009, Tahanan AIII (Pengadilan), Jalan 21 Januari RT 8 Kelurahan Baru Tengah, Kecamatan Balikpapan Barat, Kota Balikpapan. (sudah tertangkap)

3. Ahmad Bin Raharuddin, 27 tahun, WNI/Bugis, Narkotika/114 Ayat (1) Sub 112 Ayat (1) UURI Nomor 35/2009, Narapidana (7 tahun), RT 004 Desa Badak Baru, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kertanegara. (masih dalam pencarian)

4. Sabir Bin Supu (alm), 35 tahun, WNI/Bugis, Narkotika/114 Ayat (1) Sub 112 Ayat (1) UURI Nomor 35/2009, Tahanan AII (Kejaksaan Negeri), Sei Babu Desa Babulu Darat RT 19, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara. (sudah terangkap)

Terpisah, Kapolres Paser AKBP Hendra Kurniawan didampingi Kasat Reskrim Polres Paser AKP Aldi Alfa Faroqi membenarkan bahwa pihaknya telah menemukan salah satu dari ketiga tahanan/narapidan yang kabur dari Rutan Kelas IIB Tanah Grogot pada Minggu (5/3) dini hari lalu.

“Sekira Pukul 21.45 Wita, kami telah menemukan Yudi Effendi yang sedang bersembunyi di Kilometer 4 Tanah Grogot. Saat ditemukan, Yudi tidak melakukan perlawanan, karena kondisinya lagi sakit badan. Sepertinya, sewaktu kabur Yudi jatuhnya kurangnya bagus, sehingga badannya sakit,” katanya. (nad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *