MULAWARMAN NEWS

ASN dan Perempuan Paser Dibekali Pemahaman TIK

M-News.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) juga menggelar bimtek literasi kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan perempuan Paser, Selasa (5/9/2017).

Kegiatan yang berlangsung di Kyriad Sadurengas, dipimpin oleh Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPKI) Medan Irbar Samekto dan Direktur LSP Komputer diwakili Koordinator Nasional Satria Gunayoman.

Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPKI) Medan Irbar Samekto memgatakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Literasi bagi kaum perempuan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman bagi kaum perempuan dalam memanfaatkan internet secara sehat dan aman.

“Peserta bimtek literasi TIK bagi kaum perempuan ini berasal dari ibu-ibu PKK, ibu-ibu majelis talim, ibu-ibu kader kelurahan, dan sekitar Tanah Grogot,” kata Irbar.

Kegiatan Bimtek ini, kata Irbar, diisi dengan praktek pengenalan internet sehat, komunikasi menggunakan internet, aplikasi pengontrol media sosial.

“Peserta dijelaskan bagaimana menggunakan internet sehat dan media sosial, cara membuat email, mencari informasi di internet, komunikasi menggunakan internet,” ungkap Irbar.

Sedangkan workshop kepada ASN, kata Irbar akan diisi dengan tata cara pengelolaan informasi dan dokumentasi.

“Untuk workshop ASN, pesertanya adalah pejabat esselon III dan esselon IV dari OPD yang ada di Kabupaten Paser,” ujar Irbar.

Bupati Paser mengatakan, Bimtek TIK diharapkan bisa membuat masyarakat semakin cerdas dan bijak menggunakan internet.

“Kita ingin masyarakat kita semakin cakap dan terampil dalam menggunakan media informasi internet dan bijak menggunakan media sosial, sehingga memberikan hal yang positif dan bermanfaat untuk kemajuan daerah,” kata Yusriansyah.

Pemahaman teknologi informasi yang baik, kata Yusriansyah dapat mendukung tujuan pembangunan sebagaimana yang terkandung dalam salah satu nawacita Presiden Joko Widodo.

“Presiden Joko Widodo dalam nawacitanya adalah meningkatkan kualitas hidup melalui program Indonesia pintar, yang juga sejalan dalam visi misi Kabupaten Paser yakni memberikan pelayanan dasar dibidang pendidikan dan kesehatan,” ujar Yusriansyah. (sas/*/rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *