MULAWARMAN NEWS

Balai Karantina Pertanian Balikpapan Evaluasi Rumah Walet di Paser

M-NEWS.ID, TANA PASER – Karantina Pertanian Balikpapan kembali melakukan monitoring dan evaluasi rumah walet di sejumlah wilayah di Kabupaten Paser Kalimantan Timur yang sudah teregistrasi.

Monitoring dan evaluasi dilakukan pada rumah walet yang berada Kecamatan Long Ikis, Paser Balengkong dan Tanah Grogot pada tanggal 6-7 November 2019.

Kasi Karantina Hewan Balai Karantina Pertanian Kelas I Balikpapan drh. Endang Sri Pertiwi mengatakan kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin sesuai dengan keputusan Kepala Badan Karantina Pertanian tahun 2014 tentang Pedoman Pemantauan Karantina Terhadap Pengeluaran Sarang Walet ke Negara Republik Rakyat Tiongkok.

“Evaluasi ini bertujuan mengetahui kondisi higiene dan sanitasi, lokasi, prasarana dan sarana, tata letak dari rumah walet masih layak dan memenuhi syarat atau tidak,” kata drh. Endang Sri Pertiwi.

Keberadaan rumah walet yang sudah teregistrasi di Badan Karantina Pertanian perlu dilakukan monitoring untuk menjamin keamanan pangan dan sistem ketertelusuran (traceability).

“Sarang burung walet yang akan di ekspor ke China wajib memenuhi bebeberapa persyaratan salah satunya yaitu jaminan ketertelusuran dari rumah walet”, ujarnya.

Dia menjelaskan, hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan Karantina Pertanian Balikpapan nantinya akan disampaikan ke Badan Karantina Pertanian untuk menjadi bahan evaluasi dari rumah walet yang ada di Kalimantan Timur.

Diketahui, Kualitas sarang burung walet asal Kalimantan Timur memang menjadi salah satu komoditas sarang burung walet terbaik di Indonesia.

Komoditas unggulan Kalimantan Timur ini hampir melanglang buana ke seluruh pelosok negeri. Tercatat hingga bulan September 2019 terdapat 141.266 kg sarang burung walet putih yang dilalulintaskan melalui Karantina Pertanian Balikpapan.

Hasil penilaian rumah walet ini nantinya menjadi harapan para pelaku usaha sarang burung walet agar mampu terus bersaing di pasar lokal maupun global. (drs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *