MULAWARMAN NEWS

Bantuan DAK PU Paser Capai Rp.37 Milyar

M-NEWS.ID, TANA PASER – Dana Alokasi Khusus (DAK) pada Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Paser pada tahun 2018 mencapai Rp.36,9 Milyar lebih.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Paser Bachtiar Effendi mengatakan pada tahun ini Pemkab Paser mengalami kenaikan sebesar Rp. 15 Milyar

Sementara pada tahun 2017 bantuan DAK yang mengucur pada Dinas PU Kabupaten Paser hanya sebesar Rp.21 Milyar.

“Untuk dana DAK tahun ini ada peningkatan dari tahun lalu. Pagu dananya tahun ini sekitar Rp.36,9 Milyar,” kata Bahtiar.

Bantuan DAK dari Kementerian Pekerjaan Umum itu kata Bahtiar digunakan untuk pembangunan dan peningkatan jalan, irigasi dan pembangunan sumber daya air di daerah itu.

Bahtiar menilai, untuk mendapatkan bantuan DAK dari kementerian tidaklah mudah karena membutuhkan data-data untuk melengkapi usulan tersebut.

Apalagi bantuan tersebut tidak secara pasti bisa diterima Kabupaten/Kota mengingat cukup banyak daerah yang membutuhkan bantuan itu.

“Untuk mendapat bantuan DAK tidak mudah, kita perlu data yang lengkap agar usulan itu diterima. Apalagi setiap tahun bantuan itu tidak selalu ada,” katanya.

Bantuan DAK yang diterima Kabupaten Paser menurut Bahtiar pun terbilang cukup besar dibanding Kabupaten/Kota lainnya di Kaltim.

Sejauh ini menurut Bahtiar Kabupaten Paser berada di posisi ketiga kategori daerah yang menerima bantuan DAK terbanyak di Kalimantan Timur.

“Untuk di Kaltim saja, Paser urutan ketiga yang banyak mendapatkan bantuan DAK,” ucapnya.

Bahtiar mengatakan pada 28 November 2018 mendatang ini Dinas PU akan melakukan konsultasi dengan kementerian terkait bantuan itu.

Bahtiar berharap usulan bantuan DAK baik sektor fisik maupun non fisik yang telah diusulkan dapat terealisasi sehingga pembangunan jalan, irigasi dan sumber daya air di setiap kecamatan yang menjadi prioritas bisa dilaksanakan. (dkisp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *