MULAWARMAN NEWS

Besok, Dua Kontainer Surat Suara Tiba di Balikpapan

DISTRIBUSI. Komisioner KPU Kaltim, Ida Farida memberikan keterangan pers terkait proses distribusi surat suara di Kantor KPU Kaltim, Selasa (22/5/2018) sore.

M-NEWS.ID, SAMARINDA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim terus menyiapkan segala sesuatunya demi suksesnya penyelenggaraan Pemilihan Gubernur (Pilgub) pada 27 Juni mendatang. Salah satunya adalah kertas suara.

Tak tanggung-tanggung, telah terjadwalkan dua kontainer kertas suara tiba di Balikpapan melalui jalur laut, Selasa (23/05/2018).

Komisioner KPU Kaltim, Ida Farida mengatakan, pihaknya sekarang memang fokus pada bahan logistik pemilu yang perlu disiapkan. Seperti, kertas suara yang telah selesai cetak dari Gresik, Jawa Timur.

“Ada 2.394.526 kertas suara yang datang. Jumlah itu akan diangkut dua kontainer,” ungkap Ida.

Sedangkan untuk barang lain, lanjutnya, diantaranya hologram, segel, tinta dan lainnya akan menyusul. Sehingga KPU pun akan lebih berkonsentrasi pada distribusi surat suara terlebih dahulu.

“Ya, kami fokus dengan proses pendistribusian surat suara dulu. Untuk tinta juga sebagian Kabupaten/Kota sudah memiliki,” imbuhnya.

Untuk barang logistik pemilu, Perempuan berhijab ini menambahkan, KPU Kaltim hanya menyiapkan pembelian saja. Sedangkan proses lelang dan pengadaan sudah dilakukan oleh KPU Pusat.

Alhasil kerja pihaknya pun sedikit terbantu dan tidak banyak. “Makanya kami pun jadi fokus untuk proses distribusinya. Paling tidak, Kamis (24/5) nanti sudah berjalan proses distribusinya,” bebernya.

Terkait dengan proses pengamanan, pihaknya juga sudah bekerja sama dengan Polda Kaltim dan Bawaslu Kaltim untuk mengawal kedatangan kertas suara itu. Surat permohonan untuk membantu proses distribusi kertas suara ini sudah dilayangkan KPU Kaltim jauh hari.

“Jadi, sejak kertas suara tiba di Balikpapan, maka kewenangan pengamanan akan diambil alih kepolisian dan dipantau oleh Bawaslu Kaltim,” sebutnya.

Meski langsung disalurkan kepada KPU Kabupaten/Kota, tetap akan ada proses sortir kertas suara. Tujuannya tak lain untuk memilah dan mengecek jika ada kertas suara yang rusak.

“Untuk yang rusak akan dikumpulkan dan kami akan kembalikan untuk diganti,” kata Ida. (adv/gol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *