MULAWARMAN NEWS

BNN Paser Siap Bantu Biaya Tes Urin Calon Siswa

Ilustrasi

M-News.id – Banyaknya masyarakat kurang mampu yang mengeluhkan biaya tes urin sebagai syarat pendaftaran sekolah akhirnya mendapatkan respon dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Paser.

Kepala Bagian Bina Kesra I Nonding mengatakan bahwa BNN Paser siap membantu meringankan biaya tes urin khusus bagi warga tidak mampu.

“Silahkan masyarakat bisa datang ke Bagian Bina Kesra I Sekretariat Daerah Kabupaten Paser dengan membawa dokumen seperti Kartu Keluarga, Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kepala Desa atau Lurah dan surat keterangan berpenghasilan rendah,” kata Nonding.

Nonding mengungkapkan, komentar masyarakat melalui sosial media atau pemberitaan di media adalah representasi dari sikap reaktif masyarakat yang merasa terbebani secara ekonomi.

“Kita tidak bisa mengabaikan suara di masyarakat dan berlindung di balik aturan, karena faktanya memang masyarakat yang tidak mampu merasa terbebani membayar biaya tes urin, semoga usaha yang kami lakukan ini bisa membantu masyarakat tersebut” ungkapnya.

Seperti yang diketahui, banyak respon masyarakat, terutama dari kalangan tidak mampu yang memprotes mahalnya biaya pengurusan tes urin di rumah sakit sebagai akibat penerapan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) RI No. 17 tahun 2017 tentang penerimaan peserta didik baru.

Untuk melakukan tes urine tersebut di rumah sakit umum daerah Panglima Sebaya, biayanya yang dikeluarkan paling tidak sekitar Rp 190 ribu. (*/rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *