MULAWARMAN NEWS

Desember, KPU Launching Tahapan Pilkada Paser 2020

M-NEWS.ID, TANA PASER – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Paser akan melakukan launching tahapan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Paser tahun 2020 pada Desember mendatang.

“Kami rencanakan launching tahapan Pilkada Paser tahun 2020 awal Desember mendatang, namun jadwalnya tentatif,” kata Ketua KPU Paser Abdul Qoyyim Rasyid, saat ditemui M-NEWS.ID di Tanah Grogot, Senin (11/11/2019).

Kegiatan launching sebagai sosialisasi tanda dimulainya tahapan Pilkada Paser tahun 2020 akan dikemas dalam kegiatan jalan santai.

“Launchingnya di kantor KPU Paser, nanti dirangkai kegiatan jalan santai,agar masyarakat luas mengetahui bahwa tahapan pilkada di Paser sudah dimulai” ujarnya.

Dia menjelaskan tahapan pertama yang telah dilaksanakan yaitu penetapan jumlah minimum dukungan calon pasangan perseorangan. Jumlah dukungan harus sejumlah minimal 10 persen dari jumlah penduduk yang masuk dalam daftar pemilih.

“Penyerahan formulir B1 kwk minimal sepuluh persen dari pemilih kita sebelumnya atau sekitar 18.583 dengan sebaran di 6 Kecamatan di Kabupaten Paser” ucap Pria yang biasa disapa Qayyim.

KPU selanjutnya pada bulan Desember 2019 akan menerima berkas persyaratan dan memverifikasi berkas pasangan calon perseorangan.

“Nanti tanggal 11 Desember 2019 kami sudah menerima berkas dukungan calon perseorangan dan akan diteliti jumlah dukungan dan sebarannya sampai 14 Maret 2020,” tuturnya.

Selain itu, KPU Paser juga sedang mempersiapkan pembentukan penyelenggara Ad Hoc seperti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada awal tahun 2020.

“Direncanakan mulai tahapan perekrutan PPK dan PPS bulan Januari 2020,” imbuhnya. (rih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *