MULAWARMAN NEWS

Disperindagkop Paser Awasi Pendistribusian 1.785 Tabung Gas Bersubsidi

M-NEWS.ID, Tana Paser – Sebanyak 1.785 tabung gas bersubsidi 3 Kilogram dijual melalui operasi pasar yang dilakukan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) Paser di sejumlah desa dan kelurahan di Kecamatan Long Ikis, Mingg (25/3).

Penyidik Disperindagkop UKM Paser Marwan Natsir mengatakan operasi pasar ini dilakukan untuk menekan lonjaknya harga tabung gas bersubsidi dari harga eceran yang sudah ditetapkan pemerintah.

“Ada 1.785 tabung gas yang kita lakukan operasi pasar yaitu di Desa Lombok, Pait, Atang pait, Kelurahan Long Ikis, Kayungo, Lampi, Desa Olung serta Desa Tajur. Tujuannya untuk menekan harga tabung gas yang tinggi,” kata Marwan Natsir.

Harga eceran tabung gas bersubsidi di Kecamatan Long Ikis menurut Marwan sudah mencapai pada harga Rp.35 ribu/tabung, melebihi dari harga eceran yang ditentukan yakni Rp.22 ribu/tabung.

Oleh karena itu pihaknya melakukan operasi pasar sejak Sabtu (24/3) pagi hingga Minggu (25/3) dini hari.

“Operasi pasar kita lakukan sejak Sabtu pagi hingga menjelang Minggu pagi,” kata Marwan Natsir.

Persoalan tabung gas bersubsidi di Paser sering menjadi keluhan masyarakat karena harganya yang melampau tinggi bahkan pernah mencapai Rp.75 ribu/tabung.

Marwan menilai perlu adanya pengawasan yang baik yang secara konsisten dilakukan terhadap penjualan tabung gas bersubsidi itu di tingkat agen, pangkalan hingga pengecer.

Ribuan tabung gas yang dijual melalui operasi pasar itu kata Marwan merupakan barang dari 6 pangkalan di kecamatan Long Ikis.

“Barang yang dioperasikan adalah barang milik 6 pangkalan. Namun kami yang melakukan pengawasan pendistribusiannya (penjualannya) ke masyarakat agar harga sesuai dengan yang ditetapkan,” kata Marwan. (*/DKISP Paser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *